143 JCH Banjarbaru Ikuti Pembukaan Manasik Haji

Suasana para peserta Manasik Massal 1 Jemaah Calon Haji (JCH) Tahun 1439 H / 2018 M di Aula Linggangan Intan DPRD Kota Banjarbaru, Selasa (3/7). MC Kalsel/tgh

Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Banjarbaru menggelar Bimbingan Manasik Massal 1 Jemaah Calon Haji (JCH) Tahun 1439 H / 2018 M di Aula Linggangan Intan DPRD Kota Banjarbaru, Selasa (3/7).

Bimbingan manasik haji massal di buka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalsel H. Noor Fahmi dan dihadiri oleh Walikota Banjarbaru H. Nadjmi Adhani, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banjarbaru, H. Zainal Ilmi, Ketua DPRD Kota Banjarbaru, Kepala SKPD Lingkup Pemko Banjarbaru, Ketua MUI Kota Banjarbaru, Camat se Kota Banjarbaru, dan Kepala KUA Kecamatan se – Kota Banjarbaru.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banjarbaru, H. Zainal Ilmi mengatakan bahwa calon Jemaah Haji Kota Banjarbaru berjumlah 143 orang calon Jemaah haji, tambah 2 orang dari tim pemandu haji daerah. Calon Jemaah Haji Kota Banjarbaru, terdiri dari 5 kecamatan Kecamatan Banjarbaru Selatan 52 orang, Kecamatan Banjarbaru Utara 39 orang, Kecamatan Cempaka 18 orang, Kecamatan Liang Anggang 14 orang dan Kecamatan Landasan Ulin 20 orang.

“Sedangkan kloter atau kelompok terbang tahun 2018 ini dari hasil Qur’an Kota Banjarbaru termasuk pada kloter 13 yang tergabung dengan Kabupaten Balangan 154 orang, Kota Banjarmasin 3 orang dan Palangkaraya sebanyak 17 orang,” jelasnya.

Menurutnya, tujuan manasik haji adalah untuk memberikan pengetahuan haji kepada Calon Jemaah Haji Kota Banjarbaru.

Walikota Banjarbaru H. Nadjmi Adhani mengucapkan selamat kepada saudara – saudara yang mendapatkan kesempatan untuk berangkat menunaikan ibadah haji pada musih haji tahun ini.

“Tentunya hal ini merupakan sebuah keberuntungan dan keberkahan yang diberikan Allah Subhanahu Wata’ala kepada calon Jemaah Haji Kota Banjarbaru, karena tidak semua orang mampu melaksanakan rukun islam yang kelima ini, semuanya memerlukan perjuangan, baik materi maupun kesiapan lahir dan bathin,” ucapnya.

Oleh karena itu, para Calon Jemaah Haji Kota Banjarmasin agar mengikuti manasik haji ini dengan baik. Ikuti sarana dari pembimbing masing – masing dan perlu diingat juga bahwa cuaca, waktu di Arab Saudi tidak sama dengan kondisi cuaca di tanah air, maka persiapkan fisik harus dilakukan sejak sekarang.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalsel H. Noor Fahmi mengatakan kepada seluruh calon Jemaah Haji Kota Banajrmasin tahun 1439 H agar mengikuti seluruh kegiatan manasik Haji tersebut.

Saya juga berharap dengan adannya bimbingan manasik haji ini dapat terwujud pemahaman yang mendalam tentang perjalanan ibadah haji dengan baik dan benar guna mewujudkan kemandirian dalam beribadah. (scw)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan