Temu Responden BI Kalsel

Ist

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan (KPw BI Kalsel) menyelenggarakan kegiatan Temu Responden Kalimantan Selatan Tahun 2023 dengan tema “Berkembang di Tengah Dinamika Ekonomi Global” di salah satu hotel di Banjarmasin.

“Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi kepada para pelaku usaha yang telah turut berpartisipasi dan membantu dalam mensukseskan kegiatan survei dan liaison yang dilaksanakan oleh BI,” kata Kepala KPw BI Kalsel, Wahyu Pratomo, Kamis (21/9/2023).

“Data dan informasi yang kita peroleh dari para pelaku usaha akan tetap dijaga kerahasiaannya untuk kemudian dianalisis dalam mendukung perumusan kebijakan dan rekomendasi kepada pemerintah daerah,” lanjutnya.

Hal ini para pelaku usaha serta masyarakat umum dapat memanfaatkan hasil asesmen ekonomi yang dipublikasikan BI dalam bentuk Buku Laporan Perkembangan Perekonomian Provinsi Kalsel yang diterbitkan setiap triwulan.

Publikasi ini dapat digunakan sebagai gambaran dan acuan dalam menjalankan bisnis maupun kegiatan akademis sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing pihak.

“Di tengah kondisi perekonomian global yang mengalami perlambatan dan tren harga komoditas utama ekspor yang menurun, denyut nadi perekonomian Kalsel Triwulan II 2023 juga menunjukkan pertumbuhan positif sebesar 4,96 persen (yoy),” tambah Wahyu Pratomo.

Sejalan dengan perkembangan ekonomi Kalsel, laju inflasi inflasi gabungan 3 kota pada bulan Agustus tercatat sebesar 4,36 persen (yoy), menurun dari 6,99 persen (yoy) pada akhir tahun 2022.

“Lalu, diperkirakan angka inflasi gabungan di Kalsel pada sisa tahun 2023 akan tetap terkendali pada kisaran titik tengah sasaran target 3,0±1 persen (yoy),” tutup Wahyu. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai