Kembangkan Produk Daerah, Pemprov Kalsel Akan Lebih Memacu Inovasi Perajin IKM

Ketua Bidang Pembinaan Promosi dan Pemasaran Dekranasda Kalsel, Hasbullah. MC Kalsel/Ar

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) yang merupakan mitranya Dinas Perindustrian (Disperin) akan lebih memacu inovasi perajin Industri Kecil dan Menengah (IKM) di 13 kabupaten/kota dalam mengembangkan produk unggulan daerah.

“Memang di tahun ini kami akan melatih perajin IKM dengan melaksanakan pelatihan dan workshop untuk meningkatkan kemampuan dalam membuat produknya,” kata Ketua Bidang Pembinaan Promosi dan Pemasaran, Hasbullah mewakili Ketua Dekranasda Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah Sahbirin, di Banjarmasin, Kamis (11/1/2024).

Hasbullah menyebutkan, pihaknya memiliki tiga program, yaitu promosi dan pemasaran, kerja sama dengan Dinas terkait dan pelatihan bagi perajin IKM.

Dijelaskan Hasbullah, Pemprov Kalsel sudah berupaya dalam memajukan produk unggulan daerah, terutama dengan bisa mengekspor produk agar pendapatan para perajin IKM bisa meningkat.

“Kami sebagai pembina bagi para perajin IKM akan terus mengembangkan produk unggulan daerah karena memiliki peran penting untuk memajukan potensi produk kerajinan yang bernilai ekonomi dalam peluang usaha,” tutur Hasbullah.

Hasbullah pun meminta agar pengurus Dekranasda kabupaten/kota untuk terus mendukung kerajinan lokal agar mampu bersaing dengan produk nasional.

Diketahui 2024, Dekranasda Provinsi Kalsel akan mengikuti pameran Inacraft di Jakarta pada 28 Februari hingga 3 Maret, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Dekranas dan pameran Kalsel Expo dalam rangka Hari Jadi Provinsi Kalsel.

Kerja sama dengan dinas terkait, termasuk Dinas Pariwisata dari kunjungan lokal maupun mancanegara dalam menarik minat wisatawan guna meningkatkan produk kerajinan daerah, seperti sasirangan, kerajinan purun, rotan, batu permata dan lainnya. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai