Sosialisasi Pembinaan Urusan Statistik Sektoral Daerah Tahun 2018  

Suasana para peserta Sosialisasi Pembinaan Urusan Statistik Sektoral Daerah Tahun 2018 di Aula Hotel Dafam, Banjarbaru, Kamis (5/4). MC Kalsel/tgh

Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan Sosialisasi Pembinaan Urusan Statistik Sektoral Daerah Tahun 2018 di Aula Hotel Dafam, Banjarbaru, Kamis (5/4).

Kepala Seksi Statistik Diskominfo Prov. Kalsel, Ayattulloh dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuan kegiatan ini untuk lebih memantapkan peran unit statistik sektoral di daerah khususnya provinsi kalsel.

Selanjutnya, kegiatan juga menghadirkan narasumber dari Direktur Diseminasi Statistik BPS Pusat Ir. Adhi Wiriana, M. Si dengan materi penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Bidang Statistik Sektoral di Daerah, Kepala Seksi Wil. II Ditjen Bina Bangda Subdid Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Nurhalia, SE,  M. Si dengan materi Pembinaan Umum Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Dalam Penyelenggaraan Urusan Statistik Sektoral Lingkup Pemda sesuai dengan Kewenangannya.

Selanjutnya sesi kedua diisi dengan Narasumber dari Kepala Bidang Informasi Publik dan Statistik Diskominfo Prov. Kalsel dengan materi pembinaan penyelenggaraan statistik sektoral dilingkup Prov. Kalsel dan dari Kepala Bappeda Prov. Kalsel dengan materi kebijakan pembangunan daerah urusan statistik Prov. Kalsel.

Kepala Bidang Informasi Publik dan Statistik Diskominfo Provinsi Kalsel, Nasrullah dalam sambutannya mengatakan sosialisasi pembinaan urusan statistik sektoral daerah ini penting untuk dilaksanakan karena sebagai wujud hubungan kerjasama yang baik antar pemerintah daerah provinsi dan daerah Kab/Kota dalam upaya sinkronisasi kebijakan dan program serta penyamaan persepsi untuk mewujudkan pengelolaan statistik sektoral daerah.

Selanjutnya, terkait dengan sinkronisasi program prioritas urusan statistik perlu diperhatikan data yang mendukung rencana kerja pemerintah antara lain adalah desa – desa yang terletak dikawasan rawan bencana, kriminalitas, mencegah dan memberantas korupsi, kesehatan, pendidikan, data pangan, pariwisata, dan penghasilan perwilayah serta sarana untuk membangkitkan ekonomi wilayah.

Saya berharap dengan adanya pertemuan ini akan memperoleh hasil dalam pengelolaan data statistik sektoral di daerah.

Ia juga menambahkan sosialisasi ini dilaksanakan selama satu hari yang terhitung dari tanggal 05 April 2018 denga jumlah peserta kurang lebih 40 orang dari unit Statistik Diskominfo dan Badan Pusat Statistik Kabupaten/Kota se – Kalsel. (tgh)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan