Ekonomi Kalsel Terus Meningkat

Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, H Rudy Resnawan saat memberikan sambutan pada Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan KPw BI Kalsel di Galaxy Hotel Banjarmasin, Senin (2/4). Humasprov – Mc Kalsel

Pertumbuhan ekonomi Kalimantan Selatan dalam kurun waktu dua tahun terakhir,  terus mengalami peningkatan. Bahkan di tahun 2017,   meningkat secara signifikan tmenjadi 5,29% dari tahun 2016  hanya 4,40%.

Hal tersebut disampaikan  Wakil Gubernur Kalsel, H Rudy Resnawan pada Serah terima jabatan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, di Kantor Bank Indonesia, Senin (2/4).

Dijelaskan Wagub, peningkatan perekonomian Kalsel ini tidak lepas dari peran Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalsel.  Karena sebelumnya, yaitu sejak tahun 2012 hingga tahun 2015 pertumbuhan ekonomi Kalsel berada dalam tren penurunan seiring dengan menurunnya harga komoditas.

Tahun 2017, pertumbuhan ekonomi Kalsel terus menunjukkan peningkatan hingga 5,29%. Peningkatan pertumbuhan ekonomi ini ditopang oleh semakin baiknya harga komoditas utama yang berdampak pada peningkatan ekspor serta kinerja sektor pertambangan dan sektor pertanian.

Dalam momen serah terima ini,  Wagub Rudy Resnawan juga mengapresiasi kinerja Kepala Perwakilan KPw BI Kalsel yang lama , Harymurthy Gunawan dan jajaran .  Selain mampu terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kalsel juga dapat terus menjaga inflasi sehingga inflasi di Kalsel tetap terjaga.

“Saya mengapresiasi kinerja Pa Hary, atas kinerja dan kerjasama selama ini, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menjaga stabilitas inflasi di Kalsel” ujar Wagub.

Pemprov Kalsel terus berupaya mengembangkan sektor ekonomi kreatif,  pariwisata, pertanian, perkebunan, dan sektor-sektor lainnya, sehingga tidak lagi terlalu bergantung pada sektor pertambangan yang selama ini menjadi komoditas utama Kalsel.

“Kami saat ini terus berupaya mengambangkan sektor ekonomi, seperti industri pariwisata, ekonomi kreatif, pertanian, dan sektor-sektor lainnya, sehingga Kalsel tidak lagi bergantung pada sektor pertambangan yang sewaktu-waktu bisa habis” tandas Wagub.

Sementara itu, Deputi Gubernur BI, Erwin Rijanto yang hadir dan menyaksikan Serah terima jabatan ini, mengapresiasi prestasi yang berhasil diraih  Provinsi Kalimantan Selatan, seperti anugerah Kihajar 2017 dari Kemendikbud, BKN Award, K3, diperoleh WTP secara berturut-turut.

Selain dihadiri Deputi Gubernur BI, Wakil Gubernur Kalsel, Turut hadir dan menyaksikan serah terima ini, Anggota DPR RI, H Syaiful Rasyid, Ahmadi Nor Supit, Wakil Ketua DPRD Prov kalsel beserta anghota Forkopimda, Bupati/Walikota, Kepala Instansi vertikal, dan tokoh masyarakat. Humas Prov – Mc Kalsel

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *