Asah Pola Pikir Kritis dan Komunikasi Anak Bangsa Melalui Lomba Debat

204 peserta debat jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dari 34 Provinsi di Indonesia mengikuti Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National Schools Debat Championship (NSDC) tingkat Nasional di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (15/8/2019).

LDBI dan NSDC 2019 ini dibuka langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor. Dikesempatannya, Sahbirin menjelaskan bahwa lomba debat seperti ini bisa menjadi modal bagi anak-anak bangsa dalam menambah wawasan untuk membangun negeri ini ke depannya.

“Dengan debat ini akan mengasah kemampuan berkomunikasi, dan pola pikir kritis anak-anak bangsa dalam memecahkan setiap masalah yang hangat diperbincangkan ditengah masyarakat” ujarnya.

Sementara Direktur Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan dan Budaya RI, Purwadi Sutanto mengatakan Kalsel sebagai tuan rumah LDBI dan NSDC mempunyai dua tujuan yakni sukses sebagai penyelenggaran dan sukses berprestasi.

“Sebagai tuan rumah pastilah Kalsel menyiapkan diri dengan serius dari awal. Saya mendo’akan semoga diantara pemenang lomba debat nanti ada yang dari Kalsel” tuturnya.

Menurut Purwadi, kunci untuk bisa memenangkan lomba debat ini yaitu berpikir kritis, logis, serta komunikasi dan kerjasama tim yang baik dalam memecahkan setiap permasalahan.

“Anak-anak ini nantinya akan bertanding secara tim, tim ini harus bisa berkolaborasi dengan baik, kunci menjadi tim baik harus bisa berkolaborasi, saling melengkapi, dan saling berbagi peran” jelasnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Selatan, Yusuf Effendi menjelaskan Kalsel sebagai tuan rumah LDBI dan NSDC jenjang SMA tahun 2019 telah melakukan berbagai persiapan dengan matang.

“Salah satunya adalah seleksi di tingkat provinsi, melakukan pembinaan kepada para siswa-siswi berprestasi agar siap bertanding pada lomba debat ini. Targetnya Kalsel bisa juara pada debat ini, paling tidak masuk dalam sepuluh besar” tukas Yusuf.

Untuk LDBI dan NSDC ini akan dilakukan di berbagai tempat seperti SMA 1 Banjarmasin, SMA 2 Banjarmasin, SMA 7 Banjarmasin, SMA Ukhuwah Banjarmasin, dan untuk finalnya akan dilakukan di salah satu hotel berbintang di Banjarmasin. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan