JANGAN LUPA TONTON FILM G30SPKI !

Reporter Abdi persada FM wawancarai Komandan Kodim 1006 Martapura Letkol Arm. Andi Martopo perihal pemutaran Film G30S/PKI, Jum’at ( 22/9 ).

Selain di Taman Van Der Pijl Kota Banjarbaru, pemutaran Film G30 SPKI juga diputar di Alun – alun Ratu Zaleha, Martapura pada 30 September mendatang.  Demikian disampaikan Dandim 1006 Martapura Letkol Arm Andi Martopo, Jum’at ( 22/9 ) kepada Abdi Persada FM .

Diungkapkanya,  film ini sebenarnya sudah diputar sejak 20 September di beberapa sekolah  diantaranya di Kecamatan Sungai Pinang dan Sungai Tabuk, termasuk di Banjarbaru. Film ini menurutnya harus diketahui generasi muda.   Apalagi, ini adalah sejarah kelam Bangsa Indonesia.

“ Generasi muda harus dibentengi, ini bahaya laten.  Jangan sampai kejadian ini terulang kembali karena ini sejarah kelam Bangsa Indonesia “ tegasnya.

Lebih lanjut, Dandim mengatakan pemutaran Film G30 SPKI ini merupakan perintah dari Panglima TNI.    Diakui Dandim, karena mendapat respon luar biasa dari Pemerintah Banjarbaru dan Kabupaten Banjar .  Film yang awalnya akan diputar di Instansi Militer saja, akhirnya diputar dibeberapa tempat dan melibatkan pelajar dan masyarkat umum.

“ Banyak yang support pemutaran Film ini.  Salah satunya di Pesantren Darul Hijrah.  Karena banyak pelajar yang ingin mengetahui sejarah perjuangan para ulama mempertahankan ideologi Pancasila “ tambahnya.

Sementara itu, ditemui diruang kerjanya, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Kabupaten Banjar Muhammad Farid Saufian menyampaikan akan berkoordinasi dengan pihak KODIM 1006 Martapura.  Termasuk lokasi pemutaran film yang direncakan di adakan di Alun – alun Ratu Zaleha, Martapura.

“ Kalau Kodim ingin memutar Film tersebut kita Open dan setuju – setuju saja. Kan udah melalui badan sensor film.  Kita akan koordinasikan langsung dengan Dandim “ katanya.

Lebih jauh, Kadiskominfo Banjar ini juga menceritakan waktu dirinya berusia lima tahun, kondisinya di Kabupaten Banjar sendiri memang mencekam.  Apalagi, orang tuanya  saat itu menjadi salah satu pejabat tertinggi di Kabupaten Banjar saat itu.  Saking mencekamnya, Farid bersama Ibunya pun sempat diajarkan cara menembak menggunakan senjata mengingat kondisi yang sangat mencekam saat itu.

Untuk diketahui, acara pemutaran Film G30SPKI oleh KODIM 1006 Martapura ini dijadwalkan digelar di Banjarbaru dan Kabupaten Banjar pada 30 September mendatang pada pukul 19.30 Wita.   Untuk Kota Banjarbaru nonton bareng bertempat di Taman Van Der Pijl dan di Alun – alun Ratu Zaleha untuk wilayah Kabupaten Banjar.(RA/RDM)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan