Setelah Musim Hujan Menyapa Indah

Agenda Poetry in Action bulanan di Panggung Bundar Mingguraya bertema “Setelah Musim Hujan Menyapa Indah”, akan dilaksanakan pada Jumat (24/02/2017), pukul 20:30 Wita hingga selesai. ( foto : ist )

Agenda Poetry in Action bulanan di Panggung Bundar Mingguraya, Banjarbaru mengangkat tema “Setelah Musim Hujan Menyapa Indah”, kembali hadir pada Jumat (24/2), pukul 20:30 Wita hingga selesai.

Kegiatan ini terbuka untuk umum dan bersifat pastisipatif untuk pengisi acara, tampilan tradisi lisan, musikalisasi puisi, baca puisi, teater (petilan), monolog, tari dan lainnya.

Menurut Panitia Pelaksana Acara, HE Benyamine, kemarau segera datang, setelah musim hujan menyapa dengan indah. Hutan-hutan basah, tunas-tunas menari bermain hujan, sungai-sungai mengalir penuh gelora dan semangat menyentuh dengan kasih potensi kesuburan, suksesi hutan berlanjut dan keragaman hayati menawarkan kerindangan.

“Kemarau segera datang, eksploitasi hutan dan lahan yang mengabaikan kearifan lokal dan ilmu pengetahuan hanya akan menyegerakan bencana dan membangkitkan keserakahan yang lebih mendorong ke arah malapetaka untuk semua,” kata Benyamine, Senin (20/2).

Menurut Dia, kemarau bagian tidak terpisah dari musim hujan, namun potensi bencana kebakaran hutan dan lahan serta kekeringan terus mengancam jika kerusakan terus berlanjut dan semakin membabi buta. Kabut asap tetap menghantui pulau Kalimantan, karena saat ini hanya musim hujan yang meredamnya atau memang hutan, gambut, dan lahan sudah tidak ada lagi yang potensial untuk terbakar. Setelah musim hujan menyapa indah, akankah kita meratapi datangnya musim kemarau?

“Anda dipersilahkan mengungkapkannya lewat puisi atau teater (petilan)/monolog, atau bentuk lainnya, tentu sangat membanggakan jika Anda membacakan puisi karya Anda sendiri yang berhubungan dengan tema di atas, namun silakan membacakan puisi karya orang lain atau Anda yang menulis puisinya dan teman Anda yang membacakannya,” papar Benyamine.

Penyelenggaraan kegiatan ini terlaksana atas dukungan donasi banyak pihak. Donasi atau hadiah (seperti buku) dapat diserahkan langsung pada saat acara, atau menghubungi pelaksana (Hp. 085100480441 atau 085246955352). Kegiatan bulanan ini masih mengharapkan donasi untuk menambah peralatan pendukung lainnya, seperti sound system dan biaya penyelenggaraannya. (Dha)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan