Wisata Air Manggasang Barabai.

Salah satu pengunjung Wisata Air Manggasang

Kabupaten Hulu Sungai Tengah dengan Ibukota Barabai memiliki cukup banyak lokasi yang dapat dijadikan Objek wisata Alam, Wisata Buatan, Wisata Religius, Wisata sejarah/Wisata Budaya dan Wisata Adat yang cukup potensial.

Seperti Obyek wisata air Manggasang yang ramai di kunjungi masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) maupun masyarakat luar daerah seperti Banjarmasin, Banjarbaru dan sekitarnya saat liburan maupun saat Lebaran.

Hari pertama lebaran, objek wisata ini sudah mulai diserbu oleh masyarakat. Memasuki hari kedua dan ketiga yang memang menjadi puncak kepadatan pengunjung menuju lokasi. Objek wisata ini memang memiliki daya tarik tersendiri, dan sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), saat merayakan lebaran untuk mengunjungi objek wisata.

Objek pemandian Manggasang ini merupakan tempat wisata yang berjarak 2.30 Km dari Batu Benawa, lebih tepatnya berlokasi di Hantakan Kec. Hantakan, Barabai, Kalimantan Selatan. Menuju lokasi tersebut sangat mudah, karena panorama alamnya masih terlihat asri dan sangat cocok untuk refreshing (penyegaran). Warga biasanya membawa anggota keluarga, dan bagi pemudik yang notabene sudah lama meninggalkan banua juga tak mau melewatkan kesempatan untuk mengunjungi objek wisata yang sudah tak asing lagi di Kalsel ini.

Seperti yang diutarakan Shinta, warga asal Kota Banjarbaru mengaku tak mau melewatkan kesempatan pergi ke Manggasang,karena dalam kesempatan itu dapat sekalian bersilaturahmi dengan sanak keluarga di Barabai, maka dari itu dia menyempatkan mengajak anggota keluarga untuk berwisata. “Saya sangat terkesan dengan Goa dan Sungai Benawa yang sangat sejuk dan jernih, kalau di Banjarbaru airnya tidak sejernih di sini. Jadi saya tak puas kalau tidak mandi karena airnya sangat sejuk dan segar” ujarnya.

Objek wisata Manggasang di Kecamatan Hantakan, hanya dikelola oleh warga. Lokasi ini berada di tepi jalan raya yang sangat mudah diakses. Objek ini menawarkan sungai dengan arus yang tidak terlalu deras dan dipenuhi bebatuan, sehingga sangat cocok untuk bermain air, berfoto ria bersama keluarga, dan lainnya. Senin (13/2).  (scw)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *