Kelotok Hias Kolaborasi Dinsos dan Tiga SKPD Ramaikan Harjad Kalsel

Desain kelotok hias milik Dinsos Kalsel beserta Dinas ESDM, RS Moch Ansari Saleh, serta Biro Pengadaan Barang dan Jasa. Dinsos Kalsel/dok

Untuk memeriahkan Hari Jadi (Harjad) ke-72 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan HUT ke-77 RI, Dinas Sosial (Dinsos) Kalsel beserta Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), RS Moch Ansari Saleh, serta Biro Pengadaan Barang dan Jasa melakukan rapat  terkait pembuatan kelotok hias di Pangkalan Kapal Tagana Kalsel, Banjarmasin, Senin (8/8/2022).

Ketua Pantia yang sekaligus Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos Kalsel, Anhar Ihwan mengatakan, lomba kelotok hias tersebut diikuti seluruh SKPD di lingkup Pemerintah Provinsi Kalsel.

“Ada 11 tim kelotok dimana satu tim berisikan empat SKPD untuk meramaikan Harjad kita,” kata Anhar.

Anhar menyampaikan, nantinya kelotok hias tersebut akan diluncurkan pada Jumat (12/8) malam dan akan dibuka langsung oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor di Siring 0Km Banjarmasin.

“Tema yang kita angkat adalah Menyukseskan MTQ Nasional di Kalsel karena event tersebut dilaksanakan di Kalsel,” ucap Anhar.

Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kalsel, Achmadi menjelaskan, saat ini kelotok hias sudah mulai dikerjakan pihaknya.

“Nantinya bentuk kapal kita itu seekor naga dengan panjang kurang lebih sembilan meter dan lebar empat meter. Kapal dolphin bermesin yang Dinsos miliki,” kata Achmadi.

Dipilihnya seeokor naga dikarenakan persis dengan logo Harjadi ke-72 Provinsi Kalsel.

“Progres saat ini pembuatan paling sulit yaitu kepala dan ekor, saat ini sudah 30 persen pelaksanaan, pada (10/8) nanti sudah merangkai potongan-potongan perahu naga yang disegerakan disusun sehingga berbentuk naga besar,” ucap Achmadi. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai