14 Koperasi Terima Sertifikat Pemeringkatan Koperasi Tahun 2021

Penyerahan sertifikat pemeringkatan Koperasi diserahkan langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor usai apel gabungan awal bulan di lapangan Setda Prov Kalsel, Banjarbaru, Senin (7/2/2022).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, Gustafa Yandi mengapresiasi atas raihan sertifikat sejumlah pemeringkatan oleh delapan koperasi primer dan sekunder.

Penyerahan sertifikat pemeringkatan Koperasi diserahkan langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor usai apel gabungan awal bulan di lapangan Setda Prov Kalsel, Banjarbaru, Senin (7/2/2022).

Pemberian sertifikat berdasarkan SK Gubernur Kalimantan Selatan Nomor: 188.44/086/KUM/2022 Tentang Penetapan Hasil Pemeringkatan Koperasi Tahun 2021.

Hasil pemeringkatan koperasi terdapat empat klasifikasi, AAA: Sangat Berkualitas, AAB: Berkualitas, ABB: Cukup Berkualitas, dan BBB: Tidak Berkualitas.

“Kami mengucapkan selamat dan sukses kepada koperasi yang mendapatkan sertifikat pemeringkatan koperasi oleh Gubernur Kalsel, tentunya yang meraih klasifikasi AAA dan AAB,” ujar Yandi.

Adapun dasar hukum pemeringkatan koperasi tersebut yakni Peraturan Menteri Koperasi dan UKM RI Nomor: 21 Tahun 2015 Tentang Pemeringkatan Koperasi.

Pemeringkatan sendirian dilaksanakan oleh Dinas Koperasi, UKM Provinsi Kalsel Bekerja sama dengan Lembaga Independen Pemeringkat Koperasi, LP2UKM Banjarmasin sebagai Lembaga yang mendapat lisensi dari Kementerian Koperasi dan UKM untuk melaksanakan Pemeringkatan Koperasi.

“Koperasi yang mendapat AAA agar bisa terus dipertahankan, sedangkan yang dapat AAB agar bisa meningkatkan menjadi AAA, ini momen yang tepat untuk melakukan digitalisasi koperasinya sehingga betul-betul bisa menjadi koperasi yang moderen,” lanjutnya.

Yandi juga mengajak kepada Koperasi agar dapat meningkatkan mutu dan layanannya kepada anggotanya, termasuk penerapan digitalisasi sehingga klasifikasi juga diterima tanpa menunggu waktu yang lama.

Selain dari itu, ada 5 aspek yang dinilai pada Pemeringkatan Koperasi, yakni aspek kelembagaan koperasi, aspek usaha koperasi, aspek keuangan koperasi, aspek manfaat koperasi terhadap anggota, dan aspek manfaat koperasi terhadap masyarakat.

Adapun Koperasi yang menerima sertifikat tersebut yaitu:
1. Koperasi Syari’ah Ar Rahmah AAA : Sangat Berkualitas 

2. Koperasi Kredit Karya Kasih : AAB : Berkualitas 3. Koperasi DIAN : AAB : Berkualitas 

4. KSP Puskopdit Kalsel : AAB : Berkualitas 

5. Koppus Kartika Mulawarman “B” : AAB : Berkualitas 

6. Koperasi Karyawan Usaha Bersama : AAB : Berkualitas 

7. KSP Kopdit Mekar Sejahtera Banjarbaru : AAB : Berkualitas 

8. Koperasi Karyawan Bank BPD KalSel : AAB : Berkualitas 

9. Puskoppolda Kalsel : ABB : Cukup Berkualitas 

10. Koperasi Welas Asih : ABB : Cukup Berkualitas 

11. Koperasi Jasa Syari’ah Cangkal Bacari Barataan : ABB : Cukup Berkualitas 

12. Koperasi Karyawan Mitra Usaha : ABB : Cukup Berkualitas 

13. Koppel Bulog Divre KalSel : ABB : Cukup Berkualitas 

14.Koperasi Banua : BBB : Tidak Berkualitas. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai