Sambut MTQN 2022, Dispar Kalsel Siapkan Pasar Terapung Hingga Geopark Meratus

Kepala Dispar Kalsel, M Syarifuddin, Banjarmasin, Selasa (8/2/2022). MC Kalsel/Jml

Dalam rangka menyambut hajatan akbar sebagai tuan rumah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional XXIX tahun 2022, Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan (Kalsel) mulai menyiapkan sejumlah destinasi wisata dan event untuk menyambut tamu-tamu MTQ nanti.

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, M Syarifuddin, mengatakan pihaknya akan menyiapkan destinasi wisata unggulan dari tiga kabupaten/kota penyelenggara, yakni Kabupaten Banjar, Banjarbaru, dan Banjarmasin.

“Untuk destinasi wisata yang akan kita siapkan nanti seperti Pasar Terapung, geosite Geopark Meratus seperti Tahura, Desa Wisata Tiwingan, Bukit Batu, dan pendulangan intan. Itu semua akan kita siapkan untuk event city tour nanti agar para tamu yang datang bisa menikmati indahnya pesona Kalimantan Selatan,” kata Syarifuddin, Banjarmasin, Selasa (8/2/2022).

Tidak hanya itu, Dinas Pariwisata Kalsel juga akan menyiapkan pawai ta’aruf, untuk menghibur tamu-tamu dari 34 provinsi se-Indonesia.

“Untuk pawai ta’aruf ini kami rencananya akan dilaksanakan di sungai, namun Gubernur menghendaki start dari Mesjid Agung Al-Karomah, Martapura Kabupaten Banjar. Pada pawai ta’aruf nanti juga direncanakan para peserta akan memakai kostum atau hiasan yang menjadi ciri khas dari 34 provinsi di Indonesia,” tutur Syarifuddin.

Syarifuddin berharap dengan diselenggarakannya kegiatan MTQ di Kalsel, sektor pariwisata lokal bisa lebih dikenal masyarakat luas, baik nasional bahkan hingga mancanegara.

“Harapan kita setelah mereka pulang dari kegiatan MTQ ini, mereka bisa menceritakan tentang indahnya pesona wisata Kalimantan Selatan baik kepada keluarga dan juga teman-teman mereka,” ujarnya.

Syarifuddin pun mengimbau kepada Pokdarwis, khususnya di tiga kabupaten/kota yang menjadi venue MTQ nanti untuk berbenah sebaik mungkin, sebagai bentuk upaya menjadi tuan rumah yang baik.

“Jadi harus berbenah mulai dari sekarang, siapkan semuanya dengan baik, sehingga mereka yang berkunjung nanti mempunyai kesan yang baik juga terhadap wisata kita,” tukas Syarifuddin. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai