Panen Perdana, Dislutkan Kalsel Bagikan Ikan Bawal Bintang ke SKPD Kalsel

Gubernur Provinsi Kalsel, Sahbirin Noor (tengah) menyerahkan hasil panen ikan bawal bintang kepada perwakilan SKPD Kalsel di depan Kantor Setda Kalsel, Banjarbaru, Rabu (22/7/2020). MC Kalsel/tgh

Dinas Perikanan dan Kelautan (Dislutkan) Provinsi Kalsel membagikan hasil panen ikan bawal bintang kepada SKPD Lingkup Pemprov Kalsel di depan Kantor Setda Kalsel.

Pembagian dilakukan secara langsung oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dan didampingi oleh Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Fadhli.

Plt Kepala Dislutkan Provinsi Kalsel, Muhammad Fadhli, mengatakan pada hari ini dibagikan ikan bawal bintang untuk jajaran SKPD lingkup Pemprov Kalsel.

“Jadi hari ini kita bagikan 1 ton ikan bawal bintang dari hasil panen pertama UPTD Perikanan Budi Daya Air Payau dan Laut (PBAPL) Kotabaru,” ujar Fadhli, Banjarbaru, Rabu (22/7/2020).

Menurut Fadhli, ikan bawal bintang dipercaya mampu meningkatkan imunitas tubuh ditengah pandemi Covid-19 serta mampu meningkatkan ekonomi di banua.

“Jadi dilihat dari perkembangan, ikan ini sangat sehat dan dapat meningkatkan imunitas tubuh kita. Jadi patut dicoba karena berhubungan langsung dengan kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, pengembangan bibit ikan bawal bintang yang tergolong jenis baru dan berhasil dikembangkan. Diharapkan nanti dapat dibudidayakan di sejumlah daerah di Kalimantan Selatan yang berpotensi besar dalam sektor perikanan.

“Saya harap budidaya ikan bawal bintang dapat dibudidayakan di kabupaten yang sangat berpotensi disektor perikanan seperti di kabupaten Batola, Kotabaru dan Tanah Laut,” terangnya.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Kalsel, Sahbirin Noor, sangat meapresiasi karena berhasil mengembangkan budidaya ikan bawal bintang. Ini pertama kali di Indonesia untuk UPTD Perikanan Budi Daya Air Payau dan Laut (PBAPL) Kotabaru di Kalsel.

“Panen pertama ini, kita ingin merasakan bersama-sama. Maka kita bagikan ikan tersebut untuk SKPD Kalsel,” katanya.

Sahbirin berharap pengembangan budidaya ikan bawal dapat lebih dikembangkan dan produksinya lebih banyak lagi. Apalagi Kalsel merupakan provinsi seribu sungai dan mampu menghasilkan budidaya ikan air payau.

“Mari kita lebih meningkatkan hasil produksi budidaya ikan bawal ini untik meningkatkan perekonomian di banua,” tandasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan