Alternatif Tempat Karantina, Hotel Batung Batulis Siap Berbenah

Direktur Utama PT Bangun Buan M. Bayu Budjang memberikan keterangan terkait hotel batung batulis menjadi tempat karantina mandiri pasien covid-19, Banjarmasin, Selasa (30/6/2020). MC Kalsel/tgh

Pemerintah Provinsi Kalsel kembali menambah gedung karantina mandiri pasien covid-19 yaitu hotel Batung Batulis Banjarbaru.

“PT Bangun Banua sebagai perusahaan daerah tentu mendukung penuh kebijakan Pemda, termasuk permintaan lokasi karantina,” ucap Direktur Utama PT Bangun Banua, M. Bayu Budjang, Banjarmasin, Selasa (30/6/2020).

Menurut Bayu, hotel Batung Batulis menyediakan 34 kamar dengan tipe berbeda. Kamar tersebut diperuntukan bagi tamu pasien karantina mandiri covid-19.

“Permintaan ini dari Pemprov Kalsel, jadi kita siapkan kamar untuk tempat karantina mandiri,” ungkap Bayu.

Meskipun hotel adalah sarana bisnis yang bergerak di bidang perekonomian. Setelah pandemi covid-19, berakhir akan dilakukan sterilisasi di seluruh bagian hotel demi kenyamanan dan kepercayaan tamu hotel.

Menurut juru bicara GTPP covid-19 Kalsel, M. Muslim menyatakan gedung karantina mandiri tidak dibutuhkan peralatan medis standar atau kompleks seperti di rumah sakit.

“Jadi tempat tersebut sangat layak dijadikan karantina khusus,” bebernya.

Pasien karantina yang tidak memiliki komorbid (penyakit penyerta) ataupun risiko tinggi dalam penanganan hanya diperlukan peralatan sederhana. “Jadi yang kita tampung adalah tidak ada penyakit penyerta, kemudian risiko tinggi juga tidak ada,” tutup Muslim. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan