Tingkatkan Kemampuan Kader, PKK Kalsel Gelar Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat

Ketua Tim Penggerak PKK Kalimantan Selatan, Raudatul Jannah menyampaikan sambutan pada Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat (DAMAS) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, di salah satu hotel berbintang, Banjarmasin, Senin (25/11/2019). MC Kalsel/scw.

Pelatihan pemberdayaan masyarakat memiliki peran penting dan strategis, karena memiliki relevansi untuk mendukung program pemerintah dalam upaya mensejahterahkan masyarakat.

Kesejahteraan tidak akan terwujud dengan sendirinya, namun terbentuk dari kondisi masyarakat yang berdaya saing, khususnya di bidang ekonomi.

Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kalimantan Selatan, Raudatul Jannah pada Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat (DAMAS) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, di salah satu hotel berbintang, Banjarmasin, Senin (25/11/2019).

Menurut Raudatul, pemberdayaan masyarakat merupakan strategi dan pendekatan yang terus menerus dikembangkan serta ditingkatkan oleh kader PKK.

“Kader PKK harus mampu menggerakkan dan membantu masyarakat dalam pemecahan permasalahan yang mereka hadapi sehari-hari,” ujarnya

Melalui Pelatihan DAMAS, Raudatul berharap agar kader-kader PKK yang hadir dapat memperluas wawasan serta meningkatkan keterampilan serta kemampuan yang dimiliki.

“Perkuat kemampuan kader kita dan jangan sungkan untuk berkoordinasi dengan instansi Pemerintah Daerah khususnya dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa,” tuturnya.

Potensi pemberdayaan masyarakat di Kalsel, lanjut Raudatul, masih belum tergarap secara maksimal di sejumlah bidang seperti industri kecil, kuliner, pariwisata, peternakan, perikanan serta potensi di bidang pangan dan lainnya.

“Melalui ini saya berharap kepada segenap Tim Penggerak PKK agar bisa hadir untuk mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat di lingkungan masing-masing. Bantulah masyarakat untuk menekuni bidang pemberdayaan yang sesuai dengan kemampuan mereka,” ucapnya.

Sementara itu, Herawati Rusdi Wakil Ketua 2 Tim Penggerak PKK Kalsel mengatakan pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan dan mendorong peran serta masyarakat untuk terlibat langsung dalam seluruh proses pembangunan sejak dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam ikut serta memantau kegiatan-kegiatan di masyarakat dalam menunjang perekonomian keluarga, membantu pemerintah dalam hal menyusun rencana pembangunan dan kegaiatan kemasyarakatan di daerah masing-masing,” ucapnya. MC Kalsel/scw

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *