Kantongi 4 Kabupaten, Tim Juri SATU WASAKA Akan Kerucutkan Menjadi 3 Pemenang

Kantongi 4 kabupaten/kota nominasi Sanitasi Air Minum Tuntas Waja Sampai Kaputing (SATU WASAKA) Award, Tim juri bakal kerucutkan lagi menjadi 3 pemenang.

Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Permukiman dan Air Minum, Angga Rinaldi Rizal mengatakan semua dewan juri telah menyampaikan hasil penilaiannya terhadap 13 kabupaten/kota, dan diperoleh 4 kabupaten/kota menjadi pemenang.

“Hanya saja keputusan terakhir belum dicapai. Meski begitu, pihaknya sudah diatur ulang dan rencananya pertemuan akan dilakukan pada Jumat minggu ini, untuk mencapai keputusan pemenang yang terbaik,” kata Angga saat rapat evaluasi kedua hasil penilaian lapangan di Kabupaten/kota di Banjarbaru, Selasa (30/7/2024). 

Ia menuturkan, untuk Satu Wasaka Award hanya satu Kategori pemenang meliputi juara 1, 2 dan 3. Selain itu juga akan ada penghargaan Pokja PKP yang akan dipilih dari 5 nominasi dikerucutkan menjadi 3 pemenang.

”Kita sepakat mencek lagi hasil penilaian dan diadakan pertemuan kembali dan karena sudah masuk bulan Agustus direncanakan tanggal 14 Agustus kita umumkan juaranya,” ujarnya.

Diketahui, Sanitasi Air Minum Tuntas Waja Sampai Kaputing (SATU WASAKA) Award merupakan penghargaan kepada Kabupaten/Kota dalam pembangunan sanitasi dan air minum oleh Provinsi Kalsel.

Sebagai upaya strategis yang dilakukan Provinsi untuk melaksanakan perannya dalam fasilitasi, koordinasi, advisory, advokasi, supervisi, sinkronisasi, monitoring, dan evaluasi sehingga perencanaan pembangunan sanitasi dan air minum yang telah disusun oleh Kabupaten/Kota dapat diimplementasikan secara terarah sesuai dengan prioritas daerah.

“Dengan tujuan Satu Wasaka Award untuk mendorong Kabupaten/Kota meningkatkan akses sanitasi dan air minum, kedua mendorong Kabupaten/Kota menyiapkan aspek regulasi, kelembagaan, pendanaan, infrastruktur sanitasi dan air minum, ketiga melaksanakan fungsi Pokja PKP Provinsi dalam aspek advokasi, supervisi, sinkronisasi, monitoring dan evaluasi,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai