Lestarikan Kesenian Tradisional, Pemprov Kalsel Laksanakan Lomba Japin Carita

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggaran lomba japin cerita sebagai langkah dalam melestarikan salah satu kesenian tradisional yang dimiliki Kalimantan Selatan.

Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Suharyanti menuturkan saat ini kesenian Japin Carita ini sudah mulai tidak eksis lagi di tengah masyarakat, hingga perlu diangkat lagi agar terus lestari.

“Perlombaan kali ini sebagai salah satu langkah pemprov kalsel dalam mengenalkan dan mengedukasi kepada generasi muda untuk mengangkat dan mengenalkan kembali kepada generasi muda, tentang seni tradisi Japin Carita,” ucapnya, Banjarmasin, Selasa (5/6/2024).

Ia mengungkapkan, Japin Carita merupakan sebuah kesenian teater tradisi yang berasal dari Kalimantan Selatan yang kesenian tradisi sangat kompleks.

Untuk itu, Suharyanti berharap dengan lomba japin carita ini bisa memunculkan regenerasi untuk melestarikan kesenian tradisional Kalimantan Selatan.

Lebih lanjut, Kepala Seksi Promosi dan Dokumentasi Taman Budaya Kalsel Nitta Aulia menambakan lomba japin carita kali ini diikuti 9 grub yang tersebar di 13 kabupaten/kota.

“Mereka akan dinilai langsung oleh para pelaku seni yang sudah lama berkecimpung di dalam seni pertunjukan khususnya seni tradisi yaitu Irwan Budiman, Muhammad Syahril M Noor dan Bayu Bastari,” ungkapnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai