Pemprov Kalsel Telah Menyeleksi Sapi Kurban untuk Bantuan Kemasyarakatan Presiden

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Edi Santoso. MC Kalsel/scw

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kalsel telah melakukan seleksi untuk Bantuan Kemasyarakatan Presiden berupa satu ekor sapi yang dipilih dari peternakan sapi asal Kalsel yang sudah melalui proses seleksi, Banjarbaru, Selasa (4/6/2024).

Kepala Disbunnak Kalsel, Suparmi melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Edi Santoso mengatakan ada tiga peternak yang masuk seleksi dan peternak yang dipilih di daerah Banjarbaru, Tabalong dan Kotabaru.

Ia menyebut dari segi kesehatan sapi, tim kesehatan telah mengawal dan memeriksa kesehatan sapi. Dari uji pengambilan sampel, pemberian vitamin, obat cacing, pemeriksaan fisik, sehingga dinyatakan layak.

“Sebelum ditetapkan, dari ketiga peternak tersebut dilakukan pemantauan kesehatan sapi oleh tim kesehatan,” kata Edi.

Selain itu, kriteria sapi yang dipilih harus memiliki berat antara 800 kg hingga 1 ton. Untuk di Kalsel memilih sapi jenis limosin, peranakan unggul dan simetal.

“Untuk penyerahan sapi kurban presiden nanti, sesuai arahan Gubernur Kalsel akan berlokasi di Masjid Al-Karomah Martapura Kabupaten Banjar. Selanjutnya, untuk pemotongan sapi kurban bantuan presiden nantinya kemungkinan akan dilaksanakan di Rumah potong hewan,” ujar Edi. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai