Dishut Kalsel Berupaya Maksimal Cegah Karhutla

Plt. Kepala Dishut Kalsel, Fathimatuzzahra memberikan keterangan terkait upaya Dishut dalam penanganan Karhutla, di Banjarbaru, Jumat (19/3/2021). MC Kalsel/Ar

Dinas Kehutanan (Dishut) Kalimantan Selatan berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang rawan terjadi di musim kemarau.

Plt Kepala Dishut Kalsel, Fathimatuzzahra mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan Pemegang Izin Konsesi lingkup Dishut Kalsel untuk menginvetarisir kesiapan sarana dan prasarana.

“Kita akan lakukan pemetaan terhadap areal rawan Karhutla dan posisi untuk mengambil air apabila diperlukan dalam penanganan Karhutla,” ucap Fathimatuzzahra, di Banjarbaru, Jumat (19/3/2021).

Selain itu, Fathimatuzzahra juga meminta kepada jajaran Dishut Kalsel untuk melakukan patroli harian, guna memantau titik api di sekitar kawasan hutan.

“Jadi jajaran Dishut kita fokuskan untuk melakukan patroli setiap harinya dalam rangka penanganan Karhutla,” kata Fathimatuzzahra.

Kemudian, Masyarakat Peduli Api (MPA) juga digerakkan untuk turut serta mencegah Karhutla, dengan melakukan deteksi dini.

“Maka dari itu, sinergitas dan kolaborasi antar instansi terkait terutama jajaran TNI/Polri sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya Karhutla,” ujar Fathimatuzzahra. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai