Pemprov Kalsel Peringati Hari Otda dan Hardiknas

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor memimpin upacara peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024, dengan tema ‘Otonomi daerah berkelanjutan menuju ekonomi dan lingkungan yang sehat, 25 April, serta peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), 2 Mei di lapangan kantor gubernur di Banjarbaru, Jumat (3/5/2024).

“Momentum Hari Otoda dan Hardiknas ini dapat menjadi semangat kita bersama untuk terus bergerak dan berkarya demi terwujudnya sumber daya manusia Banua yang lebih cerdas berkualitas berkarakter dan berdaya saing,” sebut Sahbirin pada sambutannya.

Upacara dengan peringatan bersama ini diawali dengan tausiah, yang disampaikan oleh KH Muhammad Zarkasyi dan dihadiri oleh siswa atau pelajar dari beberapa sekolah di Banjarbaru dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai pakaian adat di nusantara.

Sahbirin juga mengingatkan jika peringatan Hari Otoda ke-28 tahun 2024 ini sebagaimana Menteri Dalam Negeri menyampaikan pesan bahwa otonomi daerah merupakan hak wewenang daerah otonom untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dalam sistem negara kesatuan Republik Indonesia.

“Berangkat dari prinsip inilah, maka otonomi daerah dirancang untuk mencapai dua tujuan utama yaitu kesejahteraan dan demografi, Mendagri menjelaskan kesejahteraan disentralisasi diarahkan untuk memberikan pelayanan publik bagi masyarakat secara efektif, efisien melalui berbagai terobosan yang kreatif dan inovatif,” ujarnya.

Termasuk kebijakan pemerintah yang menekankan kepada kearifan lokal atau kekhasan daerah untuk pemanfaatan segala potensi, baik sumber daya manusia, sumber daya alam dengan cara yang bijak dan berkelanjutan.

“Tema ini merupakan tekad Indonesia untuk memperkokoh tanggung jawab dan kesadaran pemerintah termasuk pemerintah daerah akan amanah untuk membangun keberlanjutan dan pengelolaan Indonesia termasuk sumber daya alam dan lingkungan hidup,” tambah Sahbirin. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai