Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kalsel Gelar Berbagai Kegiatan di 2024

Dinas Sosial Provinsi Kalsel pada Bidang Rehabilitasi Sosial memiliki 3 Seksi yaitu Seksi Rehabilitasi Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orng (TSKPO), Seksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas dan Lanjut Usia(PDLU), dan Seksi Rehabilitasi Sosial Anak.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Selamat Riadi menuturkan pada tahun 2024 ini terdapat beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di bidangnya.

“Kegiatan diantaranya untuk seksi Rehabilitasi Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orng (TSKPO) yaitu Bimtek terkait teknik Assesment terhadap penanganan korban perdagangan orang dan orang terlantar, Forum terkait rumah perlindungan dan trauma Center ( RPTC) di Provinsi Kalsel, Bimtek Tuna Sosial, Sosialisasi Pencegahan dan Penyalahgunaan Napza, pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS, koordinasi Penanganan Pekerja Migran dan Korban Tindak kekerasan, Pelayanan Rumah Perlindungan dan Pelayanan Trauma Center ( RPTC),” kata Selamat, Banjarmasin, Kamis (7/3/2024).

Sementara dikatakan Selamat, untuk Seksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas dan Lanjut Usia (PDLU) dengan kegiatan Bimtek Lanjut Usia di masyarakat, Bimtek Pelayanan Penyandang Disabilitas di Masyarakat, Rapat Koordinasi Sosial Lanjut Usia dan Penyandang Disabilitas, Pelatihan Bahasa Isyarat penyandang Disabilitas, kegiatan day care lansia, peringatan Hari Lansia dan Hari Disabilitas Internasional tingkat Provinsi dan pemberian alat bantu lanjut usia dan alat bantu Disabilitas.

“Sedangkan di Seksi Rehabilitasi Sosial Anak dengan kegiatan yaitu Bimbingan dan Pengawasan Pelayanan Anak di LKSA se Kalsel, Kegiatan One Day For Children atau Hari Anak Nasional, Kegiatan Sidang Tim Pertimbangan Izin Pengangkatan Anak (PIPA), Kunjungan atau Home Visit ke calon orang tua angkat dan calon anak angkat dan monitoring pengawasan ke orang tua angkat dan anak angkat,” ucap Selamat.

Dijelaskannya, sesuai dengan SPM bidang Rehabilitasi Sosial, dari 26 Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) 12 diantaranya ada di bidang Rehsos dan UPTD Panti Panti Sosial.

Diungkapkan Selamat, untuk kelancaran kegiatan tersebut, dalam pelaksanaan programnya pihaknya tetap berkoordinasi dan komunikasi dengan Dinas Sosial Kabupaten/ Kota se-Kalsel serta Instansi terkait lainnya.

“Masyarakat warga banua Kalimantan Selatan yang memerlukan informasi dan kegiatan dimaksud untuk konsultasi dan koordinasi dengan pihak Dinas Sosial Kab/Kota yang ada ditempatnya masing masing,” tandasnya. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai