Pelihara Arsip, BPBD Kalsel Terima Bimtek Dari Tim Dispersip Kalsel

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan menerima bantuan peningkatan perlindungan terhadap kualitas arsip-arsip bernilai tinggi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalsel.

Kepala BPBD Provinsi Kalsel, R Suria Fadliansyah melalui Sekretaris, Iswantoro menyambut baik kunjungan Tim Dispersip Kalsel dalam rangka membantu atensi pemeliharaan dan tata kelola arsip di institusinya.

“BPBD Kalsel banyak memiliki arsip-arsip dinamis bernilai historis dan penting, ini karena menyangkut bidang kebencanaan, terlebih dokumen- dokumen mitigasi dan penanggulangan bencana,” sebut Iswantoro saat menjamu kedatangan Tim Dispersip di ruang pertemuan BPBD Kalsel, Banjarbaru, Senin (4/3/2024).

Sementara, Kepala Dispersip Kalsel Nurliani Dardie yang diwakilkan oleh Kabid Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan Wildan Akhyar, menjelaskan bahwa Tim Dispersip menjalin sinergitas atas salah satu inovasi yang saat ini digiatkan, yakni program bimbingan teknis dengan cara berkunjung langsung ke perangkat daerah (SKPD) untuk memproteksi arsip-arsip penting agar selalu terjaga.

“Ini merupakan arahan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor melalui Kadispersip kami, agar terus berinovasi memproteksi arsip arsip penting daerah yang ada di SKPD,” Wildan Akhyar.

Menurutnya, Dispersip Kalsel akan terus berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan terutama dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola arsip, terlebih arsip dinamis bernilai historis dan penting. Pelayanan dengan cara berkunjung langsung ke SKPD adalah salah satu upaya memudahkan SKPD untuk meningkatkan tata kelola arsip melalui sumber daya yang ada.

“Kegiatan ini menindaklanjuti amanat Pasal 30 Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan bahwa Pengelolaan Arsip Dinamis wajib dilakukan oleh pemerintahan daerah,” tutupnya. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai