Pemprov Kalsel Selenggarakan Rakortek Bidang Ketenagakerjaan Dan Ketransmigrasian Tahun 2024

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Bidang Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian Provinsi se-Kalsel tahun 2024.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan, Irfan Sayuti mengatakan pada Rakortek kali ini mengangkat tema “Mempercepat transformasi pembangunan ketenagakerjaan yang inklusif dan berkelanjutan serta merujudkan masyarakat transmigrasi yang produktif, berdaya saing, mandiri dan sejahteraā€¯.

“Rakotek ini sebegai bentuk untuk menyamakan persepsi dan langkah antara provinsi dan kabupaten/kota dalam rangka perencanaan program dan kegiatan bidang ketenagakerjaan dan ketransmigrasian tahun 2025 dan upaya penyelasaran substansi antar dokumen perencanaan pembangunan,” ucapnya, Banjarmasin, Selasa (27/2/2024).

Ia menerangkan, bersumber dari Badan Pusat Statistik Kalimantan Selatan tahun 2023, bahwa Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 4,31% mengalami penurunan 0,43% dari tahun 2022, kemudian Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) sebesar 69,76%, ini mengalami peningkatan 2,21% dari tahun 2022. Kemudian untuk jumlah pengangguran juga mengalami penuruan sebanyak 10.449 orang dari tahun 2022.

Maka dari itu, Ia pun mendorong untuk seluruh stakeholder terkait agar terus optimis dalam peningkatan SDM para pencari kerja, sehingga setiap tahunnya angka pengangguran selalu menurun.

“Dengan berbagai program pelatihan kerja yang dilaksanakan di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, maka kami yakin Provinsi Kalimantan Selatan dapat terus menurunkan angka pengangguran,” terangnya.

Lanjut, Ia menambahkan, untuk bidang transmigrasi, pihaknya akan melaksanakan program kawasan transmigrasi sebagai salah satu bentuk kongkrit dari pembangunan transmigrasi di Banua.

“Program ini sebagai wujud peningkatan pendapatan dan kualitas kehidupan para transmigrasi dan masyarakat sekitar yang ditunjang oleh kondisi lokasi transmigrasi yang mampu berkembang ke arah yang semakin baik,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai