Pemprov Kalsel Dorong Pemuda Melirik Peluang Ekspor Melalui Pelatihan Wirausaha

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mendorong pemuda agar dapat memanfaatkan peluang ekspor, demi mempromosikan produk lokal ke luar negeri yang bernilai jual tinggi.

“Hal ini diharapkan dapat membuka peluang lapangan kerja baru bagi masyarakat setempat serta menjalin kerja sama yang baik dengan negara-negara mitra dagang,” kata Assistensi I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kalsel, Nurul Fajar Desira pada kegiatan penumbuhan minat kewirausahaan bagi pemuda di Banjarmasin, Senin (12/2/2024).

Ia mengatakan dalam mengembangkan bisnisnya, pemuda di Kalsel didorong untuk melirik peluang dagang ke luar negeri. Salah satu produk yang berhasil menjadi sasaran potensial ekspor adalah seperti belut, daun pisang, dan sabut kelapa.

“Oleh karena itu, para pemuda kita berikan pelatihan dengan materi yang kekinian seperti peningkatan kemampuan optimalisasi media sosial dan manajemen wirausaha secara online,” ujar Fajar.

Fajar menyebutkan, bahwa masih banyak peluang ekspor lainnya yang bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh para pemuda di banua.

Untuk itu, para pemuda yang mengikuti kegiatan tersebut dilatih mengenai dasar-dasar kewirausahaan, negosiasi bisnis, ide-ide usaha milenial, dan permodalan.

“Selain itu, pelatihan juga dilakukan dalam optimalisasi sosial media serta pengembangan dan manajemen bisnis,” katanya.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kalsel, Muhammad Anugrah menyampaikan kegiatan ini diikuti oleh 150 pemuda dari empat kabupaten/kota di Kalsel.

Tujuan pelatihan ini sebagai meningkatkan wawasan dan membuka peluang untuk menjadi wirausahawan yang sukses.

“Tidak hanya itu, pemuda di Kalsel juga dapat mendukung peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kalsel, khususnya dengan persentase wirausaha muda kreatif,” kata Anugrah.

Ia berharap dorongan bagi para pemuda untuk terjun ke wirausaha ini dapat merangsang pertumbuhan ekonomi Kalsel, sekaligus memberikan peluang karier bagi para pemuda yang akan jadi motor penggerak ekonomi ke depannya.

“Semoga saja semakin banyak para pemuda di Kalsel yang menumbuhkan semangat berwirausaha dan menjadi pendorong utama lahirnya wirausaha-wirausaha baru di Kalsel yang terus maju dan berkembang pesat,” ujarnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai