KPw BI Kalsel Bersama Jurnalis Kalsel Tingkatkan P2SK

Capacity Building Jurnalis 2024 di Bali, Selasa (6/2/2024). Dok

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan (KPw BI Kalsel), Wahyu Pratomo sampaikan pesan utama kepada 31 jurnalis Kalsel yang mengikuti Capacity Building Jurnalis 2024 di Bali, Selasa (6/2/2024).

“BI menempatkan komunikasi sebagai bagian dari bauran kebijakan, yang bertujuan meningkatkan efektivitas kebijakan bank sentral,” ujar Wahyu Pratomo saat membuka kegiatan Capacity Building melalui virtual.

Menurutnya, hal tersebut didasari dengan Undang-undang (UU) No.4/2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan, atau yang dikenal dengan sebutan P2SK, merupakan amanat kepada BI untuk mencapai tujuan mulia.

Adapun tujuan tersebut yakni pertama stabilitas nilai rupiah, kedua memelihara stabilitas sistem pembayaran dan turut menjaga stabilitas sistem keuangan, ketiga mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Dalam mencapai ketiga tujuan tersebut, BI senantiasa menerapkan prinsip transparansi, akuntabilitas, dan independensi, salah satu bagian dari prinsip transparansi itu adalah pengelolaan komunikasi,” lanjutnya.

BI meyakini efektivitas kebijakan akan tercapai manakala didukung dengan strategi komunikasi yang jelas, terstruktur, dan terarah.

Salah satu bentuk komunikasi yang umum dilakukan oleh pihak BI seperti pengumuman hasil Keputusan Rapat Dewan Gubernur (RDG), dalam konteks itu, BI selalu menyertai hasil keputusan RDG dengan pertimbangan dan asesmen yang melatarbelakanginya.

“Hal itu dilakukan semata-mata agar masyarakat mengetahui dengan jelas arah kebijakan BI sehingga ekspektasi publik dapat bergerak ke arah yang menjadi tujuan dari bauran kebijakan BI,” imbuhnya.

KPw BI Kalsel pun mengelola kegiatan komunikasi serupa, tentunya tidak dengan sendiri namun juga melibatkan peran serta media yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memberikan informasi yang akurat dan berimbang kepada masyarakat luas khusus di Kalsel.

“Salah satu bagian dari apresiasi kami itu tentu saja adalah penyelenggaraan Capacity Building Jurnalis tahun ini, senada dengan tema yang diangkat, yaitu “Sinergi Memperkuat Komunikasi Kebijakan BI, kami pun berharap lewat kegiatan ini, pemahaman para jurnalis mengenai fungsi dan tugas BI akan semakin meningkat,” terang Wahyu Pratomo. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai