Kembangkan Pelayanan Kanker, Pemprov Kalsel Lakukan MoU dengan RSCM

RSUD Ulin Banjarmasin melakukan penandatanganan kesepahaman dan kerja sama (MoU) bersama Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM). Dok

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin pada tahun 2024 baru saja melakukan kesepahaman dan kerja sama (MoU) bersama Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) untuk pengampuan kanker di Kalimantan Selatan.

Direktur RSUD Ulin Banjarmasin, Diauddin mengatakan MoU ini untuk membuat program pengampuan, di mana pelayanan kanker di daerah harus sama dengan pelayanan kanker di pusat.

“Pengampuan kanker yang akan diampu oleh RSCM,nantinya bisa menyebarkan pelayanan kanker di seluruh kabupaten/kota,” ucapnya, Banjarmasin, Selasa (6/2/2024).

Lanjut, Diauddin mengatakan saat ini RSUD Ulin Banjarmasin untuk Sumber Daya Manusia (SDM) sudah cukup terpenuhi dan sekarang, pihaknya sedang menyekolahkan beberapa dokter sebagai langkah dalam meningkatkan kualitas para dokter di Pemprov Kalsel.

“Dengan perjanjian MoU, pastinya Pemprov Kalsel akan berusaha untuk menciptakan pelayanan kanker yang maksimal dan menyebar di kabupaten/kota,” katanya.

Selain itu, pihaknya berencana ditahun ini akan mendapat bantuan peralatan dari Kementerian Kesehatan sebagai penunjang pelayanan kanker.

Diauddin pun berharap dengan langkah ini, Pemprov Kalsel dapat melaksanakan pelayanan kanker diseluruh penjuru di 13 kabupaten/kota.

“Supaya masyarakat yang berada di Kalsel tidak perlu lagi ke pulau Jawa untuk berobat, cukup di Kalsel,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai