Tim Jelapat 1 Raih Juara Pertama Pada Festival Balogo Paman Birin Cup 2024

Tim Jelapat 1 Abdul Latif dan Usaeri berhasil menjadi juara pertama pada Festival Balogo Paman Birin Cup tahun 2024 di Aula Kantor Kecamatan Tamban, Kabupten Barito Kuala, Sabtu (13/1/2024) malam.

Tim ini menjadi satu-satunya tim yang berhasil mengantongi 13 poin, sehingga berhak dinobatkan sebagai juara Festival Balogo Paman Birin Cup yang diikuti kurang lebih 75 tim.

Sedangkan juara 2 dan 3 harus kembali di adu karena memiliki poin sama, yakni masing-masing kantongi 12 poin.

Penyerahan hadiah uang tunai dan tropi langsung dilakukan oleh Kepala Bidang Pembudayaan Dispora Kalsel, Budiono didamping Camat Tamban, Agus Supriadi.

Dikesempatan Budiono mengucapkan selamat kepada para juara festival balogo paman birin cup tahun 2024 ini. Dilihat tadi dipartai final banyak potensi atlet balogo yang dapat dikembangkan.

“Kami ucapkan selamat kepada para juara. Ke depannya Pemprov Kalsel melalui Dispora Kalsel akan selalu mendukung kegiatan-olahraga tradisional yang ada di Kalimantan Selatan,” katanya.

Ia mengatakan kegiatan balogo tidak hanya di Tamban saja, nanti ke depan juga akan on the road di beberapa kabupaten kota yang ada di Kalimantan Selatan.

“Harapannya masyarakat semakin mencintai olahraga balogo ini, sehingga budaya lokal tetap terjaga,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Tamban, Agus Supriadi mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas dipercayakannya pelaksanaan Festival Balogo Paman Birin Cup di Kecamatan Tamban.

“Tentu kami awalnya tidak menyangka akan membludak pesertanya dan ini menunjukkan bahwasanya animo masyarakat kecamatan sekitarnya sangat positif,” ujarnya.

Dengan tingginya antusias masyarakat Kecamatan Tamban dan kecamatan lainnya tentu menurutnya olahraga tradisional yang ada di Kalimantan Selatan, seperti Balogo akan berkembang.

“Mengingat antusiasme kita luar biasa ini menjadi sesuatu yang berharga dalam rangka mencari di bibit berprestasi di wilayah. Sehingga bisa menambah perbendaraan pegiat Balogo kita dan bisa lebih meningkatkan olahraga tradisional yang ada di wilayah kita sendiri,” ujarnya.

Untuk diketahui kegiatan festival balogo ini diikuti sebanyak 150 orang terdiri atas 75 tim dari 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Tamban, Mekarsari, dan Tabunganen yang berada di wilayah Kabupaten Batola. Total hadiah yang disiapkan sebesar Rp40 juta. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai