Tingkatkan Suplai Air Bersih, Pemprov Kalsel Selesaikan Pembangunan JDU Kurau ke Tabanio

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengumumkan telah menyelesaikan pengembangan Jaringan Distribusi Utama (JDU) atau pipa air dari Kecamatan Kurau ke Desa Tabanio Kabupaten Tanah Laut pada akhir tahun 2023. 

Dalam kontrak yang telah selesai pada tanggal 15 Desember 2023, pemasangan pipa air sepanjang 17 km dimulai dari booster Kurau menuju riser power pipa Tabanio dengan kapasitas 1.000 meter kubik dan menghabiskan anggaran sebesar Rp38 miliar lebih.

Menurut Kepala Dinas PUPR Kalsel Ahmad Solhan melalui Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Permukiman dan Air Minum, Angga Rinaldi Rizal, pipa air baru ini diharapkan dapat meningkatkan suplai air bersih di wilayah tersebut dan menciptakan ketersediaan air yang lebih optimal. 

“Pengembangan jaringan distribusi utama ini merupakan suatu perangkat vital yang dibutuhkan oleh masyarakat Tanah Laut untuk memenuhi kebutuhan akan pasokan air yang sehat dan aman,” kata Angga, Selasa (2/1/2024).

Oleh karena itu, pengembangan jaringan distribusi utama air menjadi salah satu langkah progresif dalam persiapan masyarakat Kalsel untuk menuju keterjangkauan air bersih dan sehat. 

Selain itu juga pada tahun 2024 pihaknya akan kembali membangun jaringan distribusi utama (JDU) atau pipa air ke Kabupaten Barito Kuala dari Desa Sungai pinang ke Kecamatan Tabunganen.

“Dengan ketersediaan air yang lebih optimal, diharapkan masyarakat dapat hidup lebih baik dan sehat serta dapat berkontribusi dalam pembangunan daerah mereka,” ujarnya.  MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai