Perpustakaan Keliling Dispersip Kalsel Datangi 10 Sekolah di Kabupaten HSS

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel terus menggencarkan promosi literasi dan minat baca kepada generasi muda di Banua.

Menurunkan 5 unit mobil perpustakan kelilingnya, pihak Dispersip Kalsel pun menyambangi 10 sekolah yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Adapun 10 sekolahan tersebut, diantaranya Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Wasah Hilir, ⁠SDN 1 Kapuh Tengah, SMP Negeri 3 Kandangan, SDN Kapuh Tengah 2, ⁠SDN 2 Jambu Hilir Baluti, MTs Halunuk Kecamatan Loksado, SDN Pagar Haur Kecamatan Padang Batung, ⁠SDN Jembatan Merah, dan ⁠SDN 2 Hamalau.

Kehadiran mobil perpustakaan keliling Dispersip Kalsel inipun selalu dinanti oleh para pelajar, ini terbukti saat kunjungan mobil operasi Pusling Palnam ke sekolah di Kabupaten HSS langsung disambut antusias para pelajar setempat.

Mereka bahkan rela antri guna mencari bacaan buku yang menarik minat mereka.

“Selama 3 hari kami bergerilya membumikan buku dan mempromosikan minat baca. Safari pusling ini merupakan program rutin kami untuk mempromosikan minat baca dan literasi kepada masyarakat,” kata Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie melalui siaran pers Dispersip Kalsel, Senin (18/12/2023).

Nurliani pun berkomitmen, untuk terus menggencarkan promosi literasi dengan berbagai program, yang harapannya dapat berdampak terhadap peningkatkan kualitas SDM Banua.

Sementara itu Kepala SDN Pagar Haur Hamsoni menyampaikan rasa bahagia melihat anak-anak didiknya antusias membaca buku.

“Kami sangat senang atas kedatangan tim dari Pemerintah Provinsi Kalsel ini, dan mau mendatangi sekolah kami yang ada di ujung kota. Semoga hal seperti ini bisa rutin,” tuturnya.

Senada disampaikan Kepala MTs Halunuk Kecamatan Lokasado Zaini, yang merasa bersykur atas hadirnya perpustakaan keliling ini, yang ia harapkan dapat meningkatkan literasi para pelajarnya.

“Karena memang pada perpustakaan kita masih belum lengkap koleksi bukunya. Sehingga anak-anak pun terlihat sangat senang dengan kedatangan pusling ini,” ujarnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai