Upaya Dinkes Tanbu Cegah Kanker Serviks

BATULICIN – Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga honorer dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu memeriksakan diri guna mendeteksi dini Kanker Serviks.
Pemeriksaan gratis yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Tanah Bumbu tersebut dilaksanakan di Kantor Bupati Tanah Bumbu, Selasa (4/4/2017).
“Kegiatan yang dilaksanakan ini untuk mencegah dan mendeteksi dini kanker serviks,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu H. Damrah melalui Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa (P2PTM dan Keswa), dr. Dicky.
Deteksi dini kanker serviks menggunakan metode IVA (Infeksi Visual dengan Asam Asetat). Pemeriksaan melalui metode IVA merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker serviks sedini mungkin.
Menurutnya, dengan metode  tersebut kanker serviks dapat terdeteksi setelah meneteskan larutan Asam Asetat.
Sebagai upaya  dasar untuk mencegah munculnya penyakit itu,  dia menganjurkan agar  para ibu turut  memperhatikan  kebersihan organ vitalnya. Di samping itu, tidak melakukan ganti  pasangan serta  membiasakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).
“Menyampaikan informasi ke masyarakat tentang mencegah dan bahaya kanker serviks sangat penting untuk menekan angka kematian dan rasa sakit akibat penyakit tersebut,” ucapnya. (win/mc.tanbu)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan