Promosikan Pariwisata, Pemprov Kalsel Gelar Lomba Fotografi Situs Geopark Meratus

Sebagai salah satu upaya mempromosikan potensi destinasi wisata berbasis Geopark Meratus, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel mengadakan lomba Fotografi Destinasi Wisata Situs Geopark Meratus tahun 2023.

Menggandeng perwakilan Badan Geopark Meratus Kalsel dan sejumlah Fotografer profesional sebagai juri, lomba ini pun diikuti oleh puluhan pegiat fotografi Banua mulai dari kategori pelajar, mahasiswa dan umum.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel, M Syarifuddin diwakili Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata, Mugeni menuturkan, melalui lomba ini pihaknya ingin membumikan tentang konsep pariwisata berbasis Geopark Meratus.

“Lewat lomba foto ini kita ingin mempromosikan dan mensosialisasikan situs Geopark Meratus yang mungkin saja bisa menjadi referensi wisata bagi masyarakat Banua” kata Mugeni usai pengumuman pemenang lomba foto tersebut di salah satu coffe shop di Banjarmasin, Jum’at (15/12/2023).

Melalui lomba tersebut, Mugeni mengaku bahwa pihaknya berhasil mengumpulkan sebanyak 793 foto destinasi wisata berbasis situs Geopark Meratus.

Ke depan foto-foto tersebut, lanjutnya, akan dipergunakan sebagaimana mestinya untuk mempromosikan Geopark Meratus melalui kegiatan pameran ataupun semacamnya.

“Kita akan pergunakan (foto-foto lomba) sesuai dengan keperluan promosi Geopark Meratus kepada masyarakat” tuturnya.

Melalui lomba ini, Dia juga berharap bisa meningkatkan kesejahteraan pegiat fotografi di Banua, mengingat fotografi merupakan salah satu subsektor ekonomi kreatif yang menjadi fokus pembinaan dari Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel.

Di tempat yang sama, salah satu dewan Juri Fotografer Profesional, Doni menyebutkan, dalam lomba foto ini ada sejumlah aspek yang menjadi indikator penilaian oleh para dewan juri seperti, etika, estetika, dan teknik fotografi.

Selama penilaian, dia mengaku mengalami sedikit kendala seperti foto yang mirip dan lainnya mengingat jumlah foto yang masuk ada sebanyak 793 foto, dan peserta tidak dibatasi dalam mengirimkan karyanya.

“Memang ada sedikit kendala, tapi kami yakin foto-foto yang diumumkan menang hari ini layak untuk ditampilkan mempromosikan Geopark Meratus sesuai dengan keputusan dewan juri fotografer profesional dan Badan Pengelola Geopark Meratus” jelasnya.

Adapun pemenang dari lomba ini dari masing-masing kategori yakni, kategori pelajar juara pertama Muhammad Zainul Rahman dengan foto Rumah Panggung Tepi Danau, juara kedua Muhammad Fauzi Ihsan dengan foto Pemandangan Bukit Langara, dan juata ketiga Muhammad Furqan Anugerah dengan foto Kampung Tradisional Sasirangan.

Kemudian di kategori mahasiswa juara pertama Rizky Dwiyanto Pembuatan Kapal Tradisional Pulau Sewangi, Juara kedua Hendra dengan foto Pemandangan Bukit Kantawan, dan juara ketiga Rivaldi Kurnia Bestari dengan foto Rumah Adat Bubungan Tinggi.

Selanjutnya untuk kategori umum juara pertama Muhammad Fahrizal dengan foto Penambangan Tradisional Intan Cempaka, juara kedua Meliya Ningrat Buana dengan foto Kampung Tradisional Sasirangan, juara ketiga Agus Nugroho dengan foto Pemandangan Bukit Matang Kaladan.

Adapun pemenang setiap kategori dari lomba ini mendapatkan uang pembinaan dengan total puluhan juta rupiah dari Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai