Bpost Tularkan Ilmu Menulis dan Menyunting Berita Pada Mahasiswa FISIP Uniska

Foto bersama mahasiswa FISIP Uniska MAAB usai melakukan kunjungan ke studio audio visual Bpost. Uniska/MC Kalsel

Sebanyak 55 mahasiswa Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al-Banjari (MAAB) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Program Studi Ilmu Komunikasi melakukan kunjungan ke Banjarmasin Post (Bpost).

Kunjungan tersebut dalam memberikan edukasi kepada mahasiswa agar memahami struktur penulisan, sesuai ejaan untuk menguasai tata bahasa yang baik dan memiliki pengetahuan yang luas serta memiliki ketelitian dan kesabaran dalam menyunting sebuah berita.

Editor Media Cetak Bpost, Agus Rumpoko menyampaikan, bahwa proses sebuah penulisan berita harus benar-benar diperhatikan dan tahap yang paling utama harus mencari data tentang berita yang akan disampaikan agar dapat memperkuat keakuratan berita.

“Memang yang perlu diperhatikan dalam menyunting itu sistematika penulisan, isi, bahasa, ejaan, diksi dan struktur kalimat dalam berita yang telah ditulis,” kata Agus

Dosen Pengampu Mata Kuliah Teknik Menulis dan Menyunting Berita, Gina Liliana menambahkan kegiatan menyunting berita akan semakin meningkatkan kemampuan menulis seseorang karena dengan menyunting seseorang akan bertambah pengetahuan tentang penggunaan tanda baca, ejaan, diksi, bahasa yang baik dan keefektifan dalam sebuah kalimat.

“Kegiatan penyuntingan dan menulis saling berhubungan karena menyunting merupakan salah satu kompetensi dasar dari menulis,” ungkap Gina

Sementara itu, News Anchor Bpost, Ghaida Zahira yang juga seorang alumni Uniska MAAB mengutarakan dalam menularkan ilmunya terkait teknik membaca sebuah berita.

“Maka dari itu, para pembaca berita harus mampu memperhatikan intonasi saat membaca sehingga tidak boleh mononton, selain intonasi, pelafalan dan sikap yang baik juga berperan penting dalam membacakan sebuah berita,” jelas Ghaida.

Diketahui, kegiatan kunjungan dari mahasiswa Uniska MAAB juga mengunjungi studio audio visual Bpost untuk praktek cara membacakan berita di media online. Uniska/MC Kalsel

Mungkin Anda Menyukai