Festival Kejuaraan Provinsi Esport, Ajang Lahirkan Atlet Kalsel 2023

Festival kejuaraan Provinsi esport 2023 Kalimantan Selatan resmi digelar di Gor Hasanuddin HM Banjarmasin, Senin (11/12/2023). MC Kalsel/tgh

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengharapkan melalui Festival kejuaraan Provinsi esport 2023 Kalimantan Selatan dapat melahirkan atlet esport yang handal dan mampu bersaing di ajang nasional serta dapat menjadi kebanggaan masyarakat Banua.

“Kejuaraan esport adalah bukti bahwa Olahrahga esport bukan hanya sekedar hiburan, tetapi juga sebuah arena dimana kecakapan dan strategi menjadi penentu untuk meraih prestasi,” kata Gubernur Kalsel Sahbirin Noor melalui Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel, Budiono saat membuka Festival Kejuaran Provinsi Esport Paman Birin 2023, di GOR Hasanuddin HM Banjarmasin, Senin (11/12/2023).

Budiono mengatakan kepada para peserta, bahwa festival ini bukan hanya tentang menang atau kalah, tetapi juga tentang pengalaman, kecakapan, dan kerja sama.

“Manfaatkan kesempatan festival ini dengan sebaik-baiknya. Tunjukkan kemampuan terbaik, untuk meraih kemanangan dan mengukir prestasi,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Pemprov Kalsel akan terus mendukung bakat-bakat yang dimiliki oleh para pemuda dan generasi muda Banua.

“Kejuaraan maupun festival yang kita selenggarakan ini, sebagai komitmen dari kita semua untuk terus memajukan olahraga, termasuk esport,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua umum ESI Kalsel, Nurullah mengatakan Kejurnas Esport digelar tanggal 10 sampai 14 Desember 2023 dan ada 10 nomor yang dipertandingkan dari delapan kategori pada Kejurprov esport kali ini.

Adapun yang dipertandingkan, Mobile Legends Beregu, PUBG Mobile Beregu Putra, PUBG Mobile Beregu Putri, Free Fire Beregu, Free Fire Tunggal, Lokapala Beregu, E-Football 2023 Tunggal, FIFA 23 Tunggal, Tekken 7 Tunggal, dan Battle Of Guardians Tunggal.

“Tapi, dari 10 nomor yang dipertandingkan hanya sembilan yang diperhitungkan dalam medali. Satunya eksibisi yakni Battle Of Guardians Tunggal,” tandasnya.

Ia berharap, melalui Kejurprov nanti bisa muncul atlet-atlet baru potensial yang akan terus meramaikan persaingan cabang olahraga esport di Kalimantan Selatan.

“Memang untuk talenta di cabang olahraga esport saat ini sudah cukup banyak terutama di kategori putra, namun untuk kategori putri masih perlu ditingkatkan lagi secara bertahap,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai