Dekranasda Kalsel Terus Upayakan IKM Dalam Mempromosikan Produk Kerajinan Daerah

Ketua Bidang Pembinaan Promosi dan Pemasaran Dekranasda Provinsi Kalsel, Hasbullah. MC Kalsel/Ar

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sebagai mitra kerjanya Dinas Perindustrian (Disperin) terus berupaya mempromosikan produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) agar bisa mendapatkan kontrak dagang dan go international.

“Jadi kami hanya mempromosikan saja, seperti ikut serta dalam pameran dan di kantor Dekranasda. Selebihnya itu, Disperin dalam memasarkan produk daerah agar bisa diminati pasar domestik dan pasar ekspor,” kata Ketua Bidang Pembinaan Promosi dan Pemasaran, Hasbullah mewakili Ketua Dekranasda Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah, di Banjarmasin, Senin (27/11/2023).

Hasbullah menyebutkan, produk kerajinan IKM yang telah dipromosikan melalui pameran, seperti kain sasirangan, kerajinan anyaman, mebel, home dekor, batu permata dan lainnya.

“Alhamdulillah dari kerajinan unggulan IKM yang dipromosikan banyak pengunjung yang lebih tertarik dengan kain sasirangan,” tutur Hasbullah.

Dijelaskan Hasbullah, pihaknya memiliki peran penting dalam memajukan potensi produk kerajinan yang bernilai ekonomi untuk peluang usaha.

“Sehingga para pelaku usaha di Kalsel harus termotivasi dalam mengembangkan produknya agar bisa lebih memperluas jaringan pasar,” ungkap Hasbullah.

Lebih jauh Hasbullah mengatakan, Pemerintah Provinsi Kalsel memang terus berupaya dalam memajukan produk unggulan daerah, terutama dengan bisa mengekspor produk agar pendapatan para perajin sasirangan bisa meningkat.

“Kami sebagai pembina bagi perajin sasirangan akan terus mengembangkan produk unggulan daerah,” kata Hasbullah. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai