Youth Upskill, Membangun Wirausaha dalam Bidang Sosial Media

Pemerintah Provinsi Kalimantan (Kalsel) melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kalsel menggelar pelatihan dan pembekalan Sarjana Pemuda Penggerak Pembangunan (SP3) dengan tema Youth Upskill “Social Media Specialist” di Banjarmasin. 

Kadispora Kalsel, Hermansyah melalui Kabid Pemberdayaan Pemuda, Rokhyatin Effendi mengatakan pelatihan Youth Up Skill merupakan langkah besar untuk mempersiapkan generasi muda dalam berwirausaha khususnya pada bidang sosial media. 

“Pemuda adalah masa depan bangsa, dan perlu memperhatikan perkembangan zaman dan teknologi yang terus berkembang pesat untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses,” kata Rokhyatin, Senin (27/11/2023). 

Selain itu, Kegiatan Youth Up Skill akan memberikan kontribusi besar dan positif dalam membantu mengembangkan kewirausahaan di Indonesia, terutama bagi generasi muda. 

“Pemerintah dan masyarakat harus mampu mendukung kegiatan seperti ini, agar lebih banyak lagi generasi muda yang siap dan memiliki kemampuan untuk membuka bisnis dalam bidang apapun dan membantu dalam membangun ekonomi negara,” ujarnya. 

Sementara itu, Abdul Khair selaku Presiden Yayasan tumbuh.com menyampaikan pada pelatihan kali ini pihaknya akan memberikan informasi dan keterampilan dalam hal memegang sosial media untuk usaha. 

“Acara ini juga lebih menitikberatkan pada keahlian dalam sosial media khususnya untuk pelaku usaha di bidang kuliner,” katanya.

Menurutnya, salah satu hal penting dalam memegang sosial media adalah bagaimana dapat membaca potensi pasar dan tren di dunia digital. Nanti para peserta diajarkan tentang cara membaca peluang karir dan memahami isu-isu terbaru dalam sosial media, agar mereka dapat memanfaatkan momentum tersebut untuk menjaring pelanggan dan meningkatkan brand awareness.

Selain itu, acara pelatihan ini juga membekali peserta dengan keterampilan teknis, seperti bagaimana mengelola media, menentukan jenis postingan, serta bagaimana membuat caption yang menarik dan interaktif. Bahkan, peserta juga diajarkan tentang bagaimana memotret makanan menggunakan kamera yang tepat untuk membuat konten visual yang menarik.

“Semoga setelah acara ini, peserta dapat menerapkan keterampilan baru yang telah mereka dapatkan untuk meningkatkan usaha mereka,” ujarnya. 

Adapun pelatihan ini diikuti oleh 50 peserta dari 13 kabupaten/kota se Kalimantan Selatan dan kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 27-30 November 2023. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai