Pentingnya Penanganan Kesehatan Penduduk, Pemprov Kalsel Gelar Rakor Kondisi KLB

UPTD Pelayanan Kriss dan Epidemi Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Rapat Koordinasi Pelayanan Kesehatan Bagi Penduduk pada Kondisi KLB di Banjarmasin, Senin (13/11/2023).

Rakor ini mengundang 60 peserta lebih, yang berasal di Dinas Kesehatan, TNI dan Polri serta Basarnas. Kegiatan dibuka langsung Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Diauddin didampingi Kepala UPTD Pelayanan Kriss dan Epidemi Kesehatan, Sri Wahyuni, dan Kasi Pelayanan dan Kegawatdaruratan UPTD Pelayanan Krisis dan Epidemi Kesehatan, Sulastri.

Dikesempatannya, Diauddin mengatakan Rapat Koordinasi Pelayanan Kesehatan Bagi Penduduk pada Kondisi KLB ini sangat penting dilakukan. Karena wilayah Kalsel ini termasuk wilayah rawan bencana. Apalagi ada 6 daerah berpotensi tinggi dan berpotensi sedang.

“Makannya perlu dilakukan koordinasi bersama kabupaten/kota, kalau ada Kejadian Luar Biasa (KLB) kita sudah siap untuk melakukan tindakan yang perlu dilakukan,” kata Diauddin.

Menurutnya, KLB yang paling heboh di Kalsel kemaren yaitu ketika terjadinya COVID-19. Hal itu termasuk KLB bahkan sudah mendunia. Kemudian ada kasus keracunan, banjir dan kebakaran hutan dan lahan termasuk KLB.

“Kejadian-kejadian ini lah yang harus kita waspadai dan langkah apa saja yang harus perlu dilakukan,” ujarnya.

Untuk itu, kerja sama yang baik dan terkoordinasi merupakan kunci dalam menghadapi kondisi KLB. Semua pihak harus berperan aktif dalam upaya pencegahan dan penanganan penyakit dan virus.

“Sinergi antara berbagai lembaga terkait dapat lebih ditingkatkan dan mampu menghasilkan langkah-langkah yang efektif dalam mengatasi situasi KLB,” tandasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai