Persiapan Uncle Hard Enduro Tahun 2023 Capai 90 Persen

Persiapan pelaksanaan Uncle Hard Endruo ke-3 Tahun 2023 mencapai 90 persen. Kegiatan berskala internasional ini akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 November yang akan diikuti 10 crosser dari mancanegara.

Adapun sepuluh crosser dunia yaitu rider asal Inggris Graham Jarvis yang pernah meraih juara dunia, rider Afrika Selatan Matthew Ross Green dan Wade Young, Sonny Goggia dari Italia, Dieter Rudolf dan Michael Walkner dari Austria, Alfredo Gomez Cantero dan Sandra Gomez Cantero dari Spanyol, Niko Mateo Piazza dari Amerika serta Teodor Smilenov dari Bulgaria.

Ketua Panitia Pelaksana Ashadi Aboe mengatakan event ini digagas gerombolan trail asal Banua, berkerja sama dan didukung oleh Pemprov Kalsel, serta IOF Kalsel. Sejauh ini, Uncle Hard Enduro sudah memasuki tahun ketiga. Animo masyarakat pun terus meningkat. Berangkat dari itulah panitia kembali menggelarnya.

Ajang ini mempertandingkan 4 kelas yaitu Internasional, nasional, lokal open dan 40 up dengan peserta 30 pembalap. Tidak hanya itu, digelar juga fun adventure. Kelas ini sengaja disiapkan bagi para rider yang juga suka dengan pemandangan alam.

“Sekaligus promosi destinasi wisata yang ada di Banua kita,” kata Arsadi didampingi Ketua IOF Kalsel Hariyadi, Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kalsel, Heru Susmianto saat Pers Confernce di Banjarbaru, Rabu (8/11/2023).

Meski berlokasi sama dengan tahun sebelumnya, namun jalur atau trek kali ini akan sedikit berbeda. Tentunya akan memberikan tantangan yang berbeda kepada para peserta, dan akan menjadikan tontonan yang menarik bagi masyarakat luas, terutama pecinta atomotif.

“Jadi jalurnya khusus Internasional mempunyai panjang sekitar 5 km. Namun penuh tanjakan. Ada juga jembatan terbang yang disiapkan panitia. Yang lebih penting, treknya bisa ditonton 100 persen,” ungkapnya. 

Ashadi berharap, dengan adanya Uncle Hard Enduro ini, dapat semakin mempertegas keberadaan Kalsel sebagai destinasi wisata adventure.

Pada bagian lain, pembalap lokal ditarget masuk tiga besar di ajang internasional ini. Keinginan itu diwujudkan dalam bentuk simulasi langsung di trek, sejak akhir Oktober hingga sekarang. Tercatat puluhan peserta dari berbagai kabupaten/kota di Kalsel mengikuti simulasi. Hampir sebagian besar merupakan rider yang kerap berpartisipasi di event-event enduro.

“Sekarang momentum rider lokal memenangkan kompetisi internasional. Makanya mereka diminta berlatih maksimal dan menjaga fisik,” ujarnya.

Selain itu juga, para penonton yang ingin menyaksikan pertadingan secara langsung bisa datang dan tidak dipungut biaya bahkan nanti di malam minggu tanggal 18 November 2023 akan dihibur oleh artis ibu kota, yakni Ndar Boy dan D’Bagindas. 

“Saya tekankan bagi masyarakat banua yang ingin menonton kegiatan, semua tidak dipungut biaya bagi masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kalsel, Heru Susmianto menyampaikan dari Pemerintahan Provinsi kalsel sangat mendukung kegiatan uncle hard enduro karena dapat meningkatkan olahraga otomotif. Apalagi banyak rider Kalsel yang cukup berpontensi dan mampu bersaing di kelas nasional. 

“Jadi kami sangat mendukung kegiatan ini untuk kemajuan olahraga otomotif di banua. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat lebih baik dan Kalsel dapat terkenal di Indonesia serta mancanegara,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai