Pemprov Kalsel Raih Bhumandala Award Kategori Informasi Geospasial Batas Desa dan Kelurahan

Beberapa waktu lalu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) berhasil meraih Bhumandala Ariti Award (Perunggu) kategori Informasi Geospasial Batas Desa dan Kelurahan, di Discovery Kartika Plaza Hotel, Kuta Bali, Senin (6/11) yang dilaksanakan oleh Badan Informasi Geospasial Republik Indonesia (BIG RI).

Bhumandala Award-Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial telah memasuki tahun ke-4 sejak pertama kali diselenggarakan pada Tahun 2017 dan kegiatan ini dilaksanakan karena diperlukannya sebuah apresiasi kepada unsur Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten/Kota yang telah mengembangkan inovasi dari pemanfaatan data geospasial.

Wakil Gubernur Kalsel, Muhidin menerima langsung penghargaan Bhumandala Ariti Award kategori Informasi Geospasial Batas Desa dan Kelurahan dan dihadiri beberapa Kepala SKPD terkait dilingkup Pemprov Kalsel

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Faried Fakhmansyah mengatakan, pihaknya sangat bersyukur atas pencapaian penghargaan Bhumandala Ariti Award kategori Informasi Geospasial Batas Desa dan Kelurahan yang merupakan satu-satunya Pemprov di Pulau Kalimantan yang meraih penghargaan ini.

“Penghargaan Bhumandala Award yang diterima ini telah membuktikan bahwa Dinas PMD Provinsi Kalsel memiliki komitmen yang kuat disertai dukungan dari seluruh unsur Pemerintah Kabupaten/Kota dalam penyelesaian batas desa,” kata Faried, Banjarbaru, Rabu (8/11/2023).

Diutarakan Faried, penyelesaian batas desa dapat mewujudkan kepastian administratif untuk mengurangi potensi konflik dan sengketa yang terjadi pada masyarakat desa.

“Penanganan batas wilayah merupakan bagian dari informasi geospasial dasar, khususnya penegasan batas wilayah desa. Dengan informasi yang jelas dan akurat mengenai batas desa tersebut tentunya dapat mewujudkan kepastian administratif untuk menjawab beragam kebutuhan masyarakat desanya,” kata Faried. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai