Pemprov Kalsel dan Pemkab Balangan Tandatangani Hibah Akses Jalan Balangan Menuju IKN

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan penandatanganan naskah hibah sekaligus serah terima barang milik daerah antara Pemkab Balangan dengan Pemprov Kalsel.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor menyampaikan bahwa melalui kebijakan otonomi daerah, pemerintah memberikan keleluasaan bagi daerah untuk menemukan alternatif pemecahan masalah secara inovatif dalam menghadapi berbagai tantangan.

“Oleh karena itu, pemerintah daerah dituntut untuk lebih memperhatikan kualitas pelayanan kepada masyarakat, sekaligus meningkatkan kemandirian daerah didalam melaksanakan pembangunan,” kata Sahbirin, Banjarmasin, Rabu (8/11/2023).

Dikatakan Sahbirin, dalam rangka mempercepat pembangunan di pulau Kalimantan, khususnya di Prov Kalsel, serta untuk membangun daya saing ekonomi melalui percepatan konektivitas dan kedaulatan energi daerah, diperlukan berbagai inovasi dan terobosan.

“Hal ini agar Kalsel tidak hanya berperan sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) baru, namun juga menjadi etalase Indonesia baru yang mengedepankan kearifan lokal,” ucap Sahbirin.

Kabupaten Balangan yang berbatasan dengan Kabupaten Tabalong, Kotabaru dan Paser diakui Sahbirin memang memiliki letak yang sangat strategis. Oleh karena itu, peran Pemprov sangat penting dalam rangka mendukung percepatan Kalsel sebagai gerbang dan penyangga ibu kota negara yang baru.

“Dengan diserahkannya hibah berupa pembangunan ruas jalan serta sarana pendukungnya, khususnya ruas jalan Desa Uren – Tampaan – Ambata, tentu akan memberikan akses yang lebih luas bagi Prov Kalsel . Hal ini sangat membantu dalam meningkatkan infrastruktur guna memperlancar mobilitas melalui hutan produksi, hutan lindung, dan hutan produksi terbatas hingga menyambung ke jalan nasional Kabupaten Paser,” tambahnya.

Lanjutnya, jalan tersebut kelak dapat menjadi alternatif baru akses pergerakan barang, penumpang serta bahan baku industri seperti hasil pertanian, perkebunan, pertambangan, UMKM, dan akses menuju obyek wisata di Balangan. Dengan demikian, akan semakin memperkuat posisi Kalsel Babussalam sebagai pintu keselamatan dan kawasan penyangga Ibu Kota Negara baru.

“Pada kesempatan ini, juga akan dilaksanakan serah terima lahan untuk pembangunan kantor unit pelaksana penyuluhan dan pengembangan (UPPD) Balangan. Ini merupakan wujud nyata dukungan Pemkab Balangan agar Pemprov dapat memberikan pelayanan lebih dekat kepada masyarakat Balangan. Hal ini tentu akan memudahkan sosialisasi dan kerjasama dengan berbagai pihak dalam upaya peningkatan pendapatan pajak kendaraan Bermotor,” harap Sahbirin.

Atas nama pemerintah dan masyarakat Prov Kalsel, dirinya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya. Selain itu, hibah kendaraan roda dua serta aset tetap berupa tanah dan bangunan sekolah luar biasa (SLB) Paringin.

“Hal ini merupakan bentuk penyesuaian pengalihan aset yang tertin dan akuntabel. Dengan penyelesaian ini, diharapkan dapat menghasilkan laporan keuangan yang akurat sebagai dasar pengambilan keputusan, demi peningkatan kecerdasan dan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai