Pemprov Kalsel Upayakan Peningkatan Kemampuan Keluarga Melalui Bimtek

Foto bersama usai pembukaan Bimbingan Teknis Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga Program Keluarga Harapan, di Banjarmasin, Kamis (2/11/2023). MC Kalsel/Ar

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Sosial (Dinsos) melakukan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) Program Keluarga Harapan (PKH) melalui Bimbingan Teknis (Bimtek).

“Sehingga dari Bimtek P2K2 PKH ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya pengasuhan dan pendidikan anak, kesehatan, pengelolaan keuangan, perlindungan anak dan kesejahteraan sosial,” kata Plt Kepala Dinsos Provinsi Kalsel, Muhammadun, di Banjarmasin, Kamis (2/11/2023).

Disampaikan Muhammadun, tugas pendamping dalam pelaksanaan kegiatan P2K2, diantaranya menginformasikan ketersediaan program pembiayaan mikro yang dapat diakses oleh penerima PKH untuk mengembangkan usaha dan memperkenalkan pemanfaatan internet dalam memperluas pemasaran barang dan jasa.

“Maka dari itu, penerima PKH dapat menghubungkan dengan program-program pemberdayaan ekonomi lainnya di daerah,” tutur Muhammadun.

Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Gusnanda Effendi menambahkan, kondisi saat ini membuat para Sumber Daya Manusia (SDM) PKH, khususnya pendamping PKH untuk lebih bekerja cerdas, keras, ikhlas, tuntas dan waras.

“Memang dalam melaksanakan tugasnya diperlukan peran dan tanggung jawab dari SDM PKH dalam terwujudnya kemandirian dan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Gusnanda.

Dilanjutkan Gusnanda, kegiatan P2K2 dalam Rangka mencari solusi dari berbagai permasalahan yang dihadapi dilapangan.

“Kita ingin dari kegiatan P2K2 PKH dapat terwujudnya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang lebih sejahtera dan keluar dari kemiskinan,” jelas Gusnanda. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai