KIM Kemuning Raih Hasil Memuaskan di KIM Festival Nasional 2023

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kemuning Mandiri Banjarbaru berhasil menarik banyak perhatian pengunjung pada gelaran KIM Festival Nasional 2023 yang dilaksanakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) RI di Surabaya pada 27-28 Oktober kemarin.

Ketua KIM Kemuning Mandiri Banjarbaru, Muhammad Fiddin menyebutkan, selama dua hari pelaksanaan stand pada kegiatan tersebut KIM Kemuning Mandiri dikunjungi lebih dari 100 orang pengunjung dan berhasil mendapatkan omset jutaan rupiah.

Pada kesempatan tersebut, KIM Kemuning Mandiri mengikuti kategori UMKM dengan menghadirkan produk berupa kain sasirangan, tas purun/bakul purun original dan kreasi, kuliner, topi sasirangan, kaos sasirangan, mukena sasirangan, aksesoris.

“Alhamdulillah, kami menjalani setiap tahapan kompetisi dengan optimal, dan kami merasa puas, karena pendapatan kami cukup besar kisaran 4 juta rupiah, jadi pulang ke Kalsel membawa hasil,” kata Fiddin, Minggu (29/10/2023).

Ajang KIMFest 2023 merupakan program Kemenkominfo untuk mengevaluasi pelaksanaan komunikasi publik melalui mitra strategis pemerintah.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalsel bersyukur bisa mengikuti kegiatan tersebut untuk yang pertama kalinya.

Sekretaris Diskominfo Provinsi Kalsel, Hairurraji mengungkapkan bahwa ajang ini bisa menjadi evaluasi pihaknya untuk menentukan pemetaan potensi KIM di Kalsel.

“Pertama kali mengikuti kompetisi, kami bisa memetakan kekuatan dan kelemahan sebagai modal tahun depan, dan pastinya untuk pembinaan dan pemberdayaan KIM yang lebih strategis,” ucapnya.

Pemberian penghargaan kepada KIM terbaik, dihadiri oleh Usman Kansong Ditjen IKP dan Hasyim Gautama Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Kemenkominfo.

Keluar sebagai pemenang pada kategori UMKM adalah Provinsi Jawa Tengah, kategori Pertanian adalah Provinsi Jawa Barat, dan kategori Pariwisata yaitu Provinsi Banten.

Adapun beberapa event pendukung seperti cerdas cermat, kuis berhadiah, pertunjukan rakyat, pertunjukan sulap, hiburan band dan berbagai spot untuk swafoto, menambah kemeriahan KIMFest tahun ini yang terselenggarakan dengan sukses. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai