Nilai Indeks Profesionalitas ASN Kalsel Tertinggi Tingkat Regional VIII

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Bandan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalsel menggelar Rapat Koordinasi Peningkatan Indeks Profesionalitas ASN.

Kegiatan tersebut turut diikuti oleh seluruh Kepala SKDP lingkup Pemprov Kalsel, BKD dan BPSDMD kabupaten/kota se Kalsel, dan menghadirkan narasumber dari perwakilan Kantor Regional VIII Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Kepala BKD Kalsel, Dinansyah menyebutkan bahwa pada tahun 2023 pihaknya mencatatkan IP ASN Pemprov Kalsel sebesar 75,42 poin. Ini menjadikan nilai IP ASN Provinsi Kalsel tertinggi untuk di tingkat regional.

“Meskipun tertinggi di tingkat regional IP ASN kita masih dalam kategori sedang, untuk itu kita terus berupaya meningkatkan IP ASN ini,” kata Dinansyah usai membuka kegiatan tersebut di Ruang Rapat H Maksid, Banjarbaru, Selasa (12/12/2023).

Untuk itu, pihaknya pun telah melakukan berbagai upaya seperti melaksanakan webinar dan seminar kepada ASN dilingkup Pemerintah Provinsi Kalsel, yang mana ini bisa dikonversi menjadi nilai bagi ASN.

“Dalam pelaksanaan hal tersebut kita juga melakukan koordinasi dengan berbagai pihak seperti BPSDM Kalsel, dan lembaga uji kompetensi lainnya. Kami juga rutin mengadakan sosialisasi minimal satu bulan sekali baik secara langsung maupun daring,” tuturnya.

Lebih jauh Dinansyah memohon dukungan kepada seluruh ASN lingkup Pemerintah Provinsi Kalsel untuk rutin melakukan update data pada aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Kalsel.

“Untuk sementara ini masih ada sejumlah ASN yang sering tidak ingat melakukan update data uji kompetensinya di aplikasi SIMPEG Kalsel, hal ini menjadi salah satu kendala kita dalam menghitung IP ASN. Untuk itu, saya mendorong seluruh ASN untuk rutin mengupdate data uji kompetensi yang diikutinya pada aplikasi SIMPEG Kalsel,” bebernya.

Sementara untuk 2024, pihaknya menargetkan IP ASN Pemerintah Provinsi Kalimantan sebesar 78 poin. Untuk mencapai target tersebut pihaknya akan mengadakan Rekon bersama pemegang aplikasi SIMPEG dari setiap SKPD.

“Jadi kita tidak muluk-muluk dulu untuk target 2024. Kita akan lakukan secara perlahan, hingga IP ASN kita bisa masuk kategori baik atau sekitar 80 poin,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai