Festival Futsal Nasional, Gubernur Kalsel Berharap Futsal Sebagai Olahraga Merakyat

Diikuti 32 tim dari berbagai daerah di Indonesia dan diramaikan pemain asal Brasil serta Iran, Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor berharap futsal sebagai olahraga yang merakyat dan mempersatukan rakyat dapat terus digaungkan.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalsel saat membuka Festival Futsal Nasional antar Club Paman Birin Cup 2023 di Borneo Indoor Futsal – Banjarmasin, Minggu (22/10/2023).

Sahbirin Noor mengatakan, dalam satu dekade ini, perkembangan olahraga futsal begitu pesat. Berbagai even dan kejuaraan futsal dipertandingkan dimana-mana, dari kejuaraan futsal di tingkat daerah, tingkat nasional hingga dilevel internasional.

“Hari ini, klub – klub futsal dari berbagai daerah, telah berkumpul di Kalimantan Selatan untuk bertanding dan berkompetisi pada Festival Futsal Nasional Paman Birin Cup tahun 2023,” kata Sahbirin Noor.

Sebelum membuka kegiatan, Sahbirin Noor yang juga gemar berolahraga futsal mengaku, menyaksikan pertandingan yang berlangsung dipenuhi kemeriahan, antusias dan kecintaan masyarakat kalsel terhadap olahraga futsal.

“Saya sendiri selain gemar menonton pertanding futsal, juga ikut bermain futsal ditengah kesibukan menjadu gubernur,” ucapnya.

Ia menuturkan, juara memang tujuan akhir kompetisi, tetapi nilai-nilai mendasar dalam sebuah even olahraga jangan sampai terabaikan.

“Jagalah persaudaraan dan sportifitas dalam melewati setiap pertandingan. Saya mengajak kepada semua yang ada di arena ini, mari kita sukseskan festival futsal nasional, dengan saling menghormati dan menghargai, baik antar pemain maupun perangkat pertandingan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kalsel menyampaikan, perhelatan Festival Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Antar Klub Paman Birin Cup selain penampilan sederet pemain nasional dan tim Liga Profesional, juga diramaikan pemain asal Brasil dan Iran yang akan berlangsung 22 sampai 27 Oktober 2023.

“Menariknya, ada tim yang diperkuat pemain asing seperti Fafage (Tapin) dan Kancil WHW Pontianak (Kalbar) mendatangkan pemain asing. Fafage yang ditangani pelatih Pattaya Pienkum asal Thailand menurunkan Ali Abidin (Iran) dan Dego (Brasil). Sedangkan Kancil yang menjadi runner up Liga Futsal Profesional Indonesia 2022/2023, diperkuat sejumlah pemain nasional dan Danel Alves (Brasil) bersama Felipe Pereira (Brasil),” ucapnya.

Ia menambahkan, seluruh peserta, merupakan tim lokal Kalsel dan dari provinsi lain, yakni Jawa, Jakarta, Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kalimantan Timur (Kaltim). Dengan klub yang akan bertanding yakni Kancil WHW, Fafage A, Fafage B, Subaru Reborn, CKB Naufal Palangkaraya, Munthe Kotabaru FC, BSJ, SF Borneo, MG Elang, Poliban, Diamond, Pomnas, DPKS, d’Kumpul, Khenzoe Purukcahu, Senyum FC, Kohusien FC, Atha Batola, Petir Energy, Expol, Perayaman, GSM HB 88, Talent, PT Arutmin, Dyt M, Dzamal, Ji.mat FC, Kapuas Team, FC 139, Lamasia FC Kotabaru, RBU MMS, Semman FC.

“Mereka akan memperebutkan Piala Paman Birin dengan total hadiah Rp300 juta,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai