Dukung Pengembangan UMKM Kalsel, Ketua Dekranasda Provinsi Kalsel Hadiri “South Borneo Expo”

Foto bersama Ketua Dekranasda Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah Sahbirin Noor (dua kiri) pada South Borneo Expo.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyelenggarakan South Borneo Expo yang bertujuan untuk semakin menumbuhkan dan mendorong perekonomian Kalsel secara berkelanjutan.

Kegiatan yang bertempat di Surabaya, Jawa Timur dihadiri Ketua Dekranasda Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah Sahbrin Noor turut berkolaborasi dengan Kanwil Bank Indonesia Kalsel, seluruh jajaran perangkat daerah terkait,dan Bank Kalsel.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor diwakili Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Kalsel, Suparmi mengatakan, dalam rangka mendorong perekonomian yang berkelanjutan itu, Pemprov Kalsel fokus dalam transformasi ekonomi, dari sektor primer menuju sektor ekonomi yang berbasis nilai tambah (hilirisasi), khususnya melalui pengembangan UMKM dan pariwisata.

“Kami mengundang para calon investor dan agregator untuk berkunjung langsung ke Kalsel. Untuk melihat perkembangan UMKM yang terus meningkat, seiring dengan kemudahan-kemudahan dalam membuka usaha yang terus didorong oleh pemerintah,” kata Suparmi, Sabtu (7/10/2023).

Suparmi menyebutkan, UMKM sebagai penopang perekonomian, sudah teruji dalam berbagai keadaan. Bahkan di masa krisis, UMKM telah mampu menjadi buffer yang sangat efektif dalam perekonomian Indonesia.

​Pada South Borneo Expo ini, tema yang diusung adalah “Upaya Mendorong Pertumbuhan Kalsel yang Inklusif dan Berkelanjutan, Melalui Pengembangan Sektor Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi”.

​Saat ini, Suparmi menyebut UMKM Kalsel tercatat terus mengalami peningkatan. Pada 2022 lebih dari 300.000 UMKM yang eksis di Kalsel. Potensi besar ini berkelindan dengan semakin berkembangnya sektor pariwisata dimana Kalsel memiliki Geopark Meratus, wisata pantai, wisata budaya yang unik, dan tentunya wajib untuk dikunjungi.

“Manfaatkan expo ini dengan sebaik-baiknya, bangun mitra kerja melalui expo ini. Bangun networking diantara sesama pelaku usaha dan investor serta tingkatkan kepercayaan konsumen dengan produk yang di tawarkan. Terus berkolaborasi dan berinovasi agar produk yang dijual dapat lebih bervariatif dan menyesuaikan kebutuhan masyarakat. Peserta yang mengikuti expo hari ini adalah para entrepreneur yang insya allah handal dan akan memberikan dampak signifikan bagi perekonomian daerah,” pesan Suparmi.

Melalui expo ini, diharapkan pengunjung akan lebih mengetahui produk-produk UMKM khas Kalsel yang memiliki ciri khas tersendiri, unik dan tentunya juga menarik. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai