Balai Veteriner Banjarbaru Berpartisipasi pada Vaksinasi Massal Rabies seluruh Indonesia

Balai Veteriner Banjarbaru melaksanakan Puncak Peringatan Hari Rabies Sedunia dan Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan Tahun 2023 di Banjarbaru, Sabtu (7/10/2023).

Hari Rabies Sedunia yang jatuh pada 28 September setiap tahun ini dirayakan serentak seluruh Indonesia pada 7 Oktober 2023 dalam rangka mencetak rekor MURI untuk Vaksinasi Massal Rabies seluruh Indonesia.

Kepala Balai Veteriner Banjarbaru, Putut Eko Wibowo mengatakan, rabies merupakan penyakit pada hewan yang bisa menular kepada manusia melalui gigitan. Apabila tidak cepat ditangani, maka bisa menyebabkan kematian.

Untuk itu kepada pemilik hewan harus senantiasa menjaga kesehatan dan kebersihan hewannya serta melakukan vaksinasi secara rutin hewan peliharaannya terutama kucing dan anjing.

“Selama sepanjang hari rabies sedunia ini rata-rata di Balai Veteriner setiap minggunya ada 100 – 150 ekor yang dilakukan vaksinasi sehingga sampai dengan sekarang ada sekitar 750 ekor hewan yang sudah di vaksinasi,” katanya.

Disampaikannya, berdasarkan data ada sekitar 16 Kabupaten/Kota yang masih ada indikasi penyakit rabies di Kalimantan dan yang terbanyak ada di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Untuk Kalimantan Selatan, penyakit rabies sudah bisa dikendalikan meskipun masih terdapat dua kasus rabies pada hewan.

Oleh karena itu, dalam upaya penanggulangan penyakit rabies diperlukan komitmen dan kerja sama lintas sektor terutama dibidang kesehatan hewan maupun manusia. Selain itu juga keterlibatan masyarakat sangat diharapkan terutama masyarakat yang memelihara hewan maupun masyarakat yang dilingkungannya banyak hewan yang berpotensi terserang penyakit rabies.

“Jadi target kami adalah bagaimana membebaskan rabies di Kalimantan tahun 2030,” ungkapnya

Sementara itu, Kabid Pertenakan dan Kesehatan Hewan Dinas Perkebunan dan Pertenakan Provinsi Kalsel, Edi Santoso menyampaikan pada peringatan hari rabies ini pihaknya menyiapkan sekitar 6.000 dosis vaksin rabies bagi hewan.

“Jadi ada 6.000 vaksin rabies kita siapkan dan vaksin tersebut sudah didistribusikan ke kabupaten/kota se Kalsel. Kami optimis semua vaksin itu dapat terealisasi 100 persen,” katanya.

Kemudian terkait kegiatan vaksinasi rabies di Balai Veteriner Banjarbaru setidaknya ada sekitar 2.000 hewan yang akan di vaksinasi rabies.

Adapun rangkaian kegiatan Hari Rabies Sedunia dan Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan di Kalsel meliputi perlombaan untuk anak-anak yang berhubungan dengan hewan, perlombaan Kesehatan hewan, simulasi disinfeksi hewan dan lain sebagainya. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai