Berpartisipasi di Peringatan Hari Rabies Sedunia, UPTD Pelayanan Krisis dan Epidemi Kesehatan Buka Pelayanan

UPTD Pelayanan Krisis dan Epidemi Kesehatan Dinas Kesehatan Kalsel membuka stan layanan kesehatan di Halaman Kantor Balai Veteriner Banjarbaru, Sabtu (7/10/2023). MC Kalsel/tgh

Dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia dan Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan 2023, UPTD Pelayanan Krisis dan Epidemi Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalsel membuka stan layanan kesehatan di Halaman Kantor Balai Veteriner Banjarbaru. 

“Kita turut berpartisipasi mendirikan stan pelayanan kesehatan bagi para pengunjung yang hadir di acara tersebut,” kata Kepala UPTD Pelayanan Krisis dan Epidemi Kesehatan, Sri Wahyuni melalui Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Krisis Kesehatan, Rini Fajar Wati, Sabtu (7/10/2023). 

Rini mengatakan, pelayanan yang diberikan pada kegiatan hari ini mencakup pemeriksaan deteksi dini oleh Dinkes Banjarbaru, tekanan darah, dan pengobatan. Pendampingan pelayanan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi angka kesakitan jika terjadi trauma disebabkan oleh hewan karena para peserta yang datang ke tempat acara tersebut membawa hewan peliharaan.

“Bidang P2P Dinkes bersama UPTD Krisis dan Epidemi Kesehatan memberikan pendampingan dan edukasi pencegahan rabies dengan mengadakan game ular tangga. Inovasi sosialisasi ini dibuat agar menarik peserta dan berhadiah boneka, susu dan minyak goreng,” ujar Rini.

Selain memberikan layanan kesehatan pada kegiatan hari rabies, UPTD Pelayanan Krisis dan Epidemi Kesehatan juga telah melakukan banyak kegiatan dalam penanganan kabut asap akibat karhutla di Kalsel, seperti memberikan pelayanan kesehatan serta pembagian masker langsung ke masyarakat dan anak sekolah.

“Jadi pihaknya dalam penanganan karhutla telah mendirikan dua posko pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang berlokasi di bundaran km 17 dan posko guntung damar. Pelayan rutin setiap hari diberikan,” pungkas Rini. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai