Pemprov Kalsel Dorong Generasi ULM Bergerak Jadi Aktor Pembangunan

Sidang Terbuka Senat Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dengan acara Dies Natalis ke-65 ULM di Banjarbaru, Kamis (21/9/2023).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) mengapresiasi terlaksananya Sidang Terbuka Senat Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dengan acara Dies Natalis ke-65 ULM di Banjarbaru, Kamis (21/9/2023).

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar menyampaikan, akselerasi di bidang teknologi akan terus melaju dan sudah menjadi tugas pengajar ULM untuk menyiapkan mahasiswa-mahasiswinya agar mampu beradaptasi, memiliki mental tangguh dan berdaya saing tinggi di era yang serba dinamis dan begitu cepat berubah.

​Roy menyebut, Kalsel memiliki posisi strategis sebagai gerbang IKN. Secara geografis, Kalsel terletak di tengah kedua kawasan, yaitu Kalimantan Timur yang ditetapkan sebagai IKN, dan Kalimantan Tengah yang ditetapkan menjadi food estate.

“Generasi muda Banua memiliki potensi dan kesempatan untuk menyokong posisi Kalsel sebagai Gerbang IKN, melalui kontribusinya terhadap bidang-bidang pembangunan, baik itu di sektor pertanian, pendidikan, ekonomi, dan masih banyak lagi. Maka, saya berharap, generasi ULM tidak hanya duduk diam sebagai penonton, tetapi bergerak menjadi aktor penting pembangunan, demi mewujudkan visi Kalsel Maju (makmur, sejahtera, dan berkelanjutan) sebagai gerbang IKN,” kata Roy.

Dikesempatannya, Roy juga mengingatkan bahwa Kalsel memiliki warisan kekayaan alam luar biasa, yang sedang menuju pengakuan internasional terhadap Geopark Meratus.

“Saat ini sedang dalam tahap pengusulan menjadi Unesco Global Geopark. Minimal dengan mengenal, menghargai, dan mencintai warisan kekayaan alam kita sudah menjadi satu bentuk dukungan,” ujar Roy.

Roy berharap, para alumni ULM dapat turut mempromosikan kekayaan alam Kalsel pada pihak luar, dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan, mendorong pengembangan daerah wisata, serta menambah peluang ekonomi masyarakat sekitar. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai