Gubernur Kalsel Salat Istisqa Bersama Warga Banjarmasin

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor melaksanakan salat Istisqa untuk bermohon diturunkan hujan bersama warga di masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Kamis (14/9/2023).

“Kita ketahui bahwa Kalsel saat ini sedang mengalami musim kemarau, hampir setiap hari kita melakukan pemadaman di mana-mana kemudian mata air kita semakin mengering, artinya kita tidak hanya berusaha, namun juga berdoa pun kita panjatkan bersama-sama,” ujar Sahbirin Noor.

Ia menjelaskan, jika salat sunah meminta hujan kepada Allah SWT ini juga dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota di Kalsel, ini didukung oleh seluruh kepala daerah sebagai bentuk ibadah yang perlu untuk dilaksanakan bersama warga.

Fenomena alam di Kalsel menyesuaikan dengan perubahan musim, pada musim hujan rentan terjadi banjir dan pada musim kemarau, sering terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Sehingga Pemerintah Provinsi Kalsel selalu melakukan upaya mitigasi atau pencegahan agar bisa meminimalisir terjadinya bencana di dua musim tersebut.

“Terkait penanganan dan antisipasi karhutla, telah dilakukan bersama dengan satuan tugas dalam penanggulangan seperti pembasahan lahan, pembersihan rumput, pembagian air kepada masyarakat terdampak kekeringan, sampai pembagian masker penutup mulut dan hidung,” tutupnya. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai