Peringati Haornas, Gowes Explore Riam Kanan Sebagai Ajang Promosi Pariwisata

Dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 40 Tahun 2023, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kalsel mengadakan gowes explore riam kanan untuk mendukung promosi pariwisata.

Diawali start di Wisata Tambela Aranio dengan rute menuju Wisata Bukit Batu hingga naik kelotok menuju wisata pinus island, lalu ke pelabuhan Tiwingan menaiki kapal dan di finish pada titik pelepasan Tambela.

Mewakili Kadispora Kalsel, Hermansyah, Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga, Budiono mengatakan kegiatan gowes kali ini antusias para perserta sangat luar biasa.

“Ada sekitar 700 peserta ikut gowes explore riam kanan. Apalagi rutenya yang disuguhkan sangat luar biasa menyusuri area objek wisata Tahura Sultan Adam,” kata Budiono didampingi Rijal Hamid selaku Kasi Pengembangan Olahraga Rekreasi, Tradisional dan Layanan Khusus, Minggu (10/9/2023).

Budiono mengatakan olahraga gowes dengan bersepeda ini akan terus digelar setiap tahunnya. Apalah olahraga sepeda atau gowes ini menjadi pilihan olahraga masyarakat.

“Apalagi dengan bersepeda dapat membangun budaya masyarakat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan gowes explore riam kanan juga dapat menghidupkan perekonomian masyarakat sekitar wilayah objek wisata tambela aranio. Karena banyak orang berdatangan dan berbelanja nantinya.

“Jadi kita ingin setiap kegiatan olahraga dapat membatu pedangang disekitar agar perekonomian tetap berjalan,” katanya.

Adapun rute yang ditempuh kurang lebih sekitar 35 km dengan melewati hutan dan medan pengunungan serta pemasangan alam wisata bukit batu. Hadiah yang disediakan panitia puluhan juta rupiah dan doorprize. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai