Tanggulangi Karhutla, Pemprov Kalsel Gelar Apel Mitigasi Penanganan Bencana Karhutla

Dalam rangka upaya penanganan bencana akibat kebakaran hutan dan lahan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Apel Mitigasi Penanganan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Serta Kekeringan di halaman Kantor Gubernur Kalsel, Banjarbaru.

Kegiatan apel langsung dipimpin oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dan apel tersebut dihadiri seluruh pegawai Pemprov Kalsel.

Sahbirin Noor mengatakan, apel tersebut merupakan bagian dari upaya bersama untuk mitigasi karhutla dan kekeringan yang terjadi di Kalsel.

“Dalam situasi seperti ini kita harus bersatu dalam semangat gotong royong dan peduli sesama, saya mengajak Pasukan Elang Darat Karhutla, bersama seluruh SKPD dan ASN di lingkungan Pemprov Kalsel untuk berperan aktif dalam upaya mitigasi ini,” ujarnya, Sabtu (9/9/2023).

Ia menjelaskan beberapa bentuk bantuan sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk menjemput bola secara aktif, mendatangi lokasi dalam membantu masyarakat yang terdampak.

“Kita pastikan pasokan air bersih dengan mendatangi lokasi-lokasi yang membutuhkan bantuan air bersih, membersihkan semak belukar yang berpotensi terjadi titik-titik api, pembasahan lahan, menyediakan layanan kesehatan untuk memberikan pertolongan dan perawatan serta membagikan masker kepada masyarakat,” ungkapnya.

Ia berharap upaya ini bisa menginspirasi warga Kalsel untuk lebih peduli, tanggap, dan siap dalam situasi darurat.

“Segala upaya yang telah kita laksanakan dapat menginspirasi seluruh warga Kalsel agar lebih peduli, lebih tanggap terhadap lingkungan dan lebih siap menghadapi situasi darurat,” katanya.

Selain itu, Ia meminta kepada Bupati/Wali kota se-Kalsel juga turut siaga dalam penanganan karhutla dan kekeringan.

“Saya minta seluruh kepala daerah di Kalsel dapat siaga dalam penanganan karhutla,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai